Imbau Masyarakat Tak Berspekulasi, Mahfud MD Minta Kasus Kebakaran Kejagung Terus Diawasi

Riezky Maulana ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:22 WIB
Imbau Masyarakat Tak Berspekulasi, Mahfud MD Minta Kasus Kebakaran Kejagung Terus Diawasi

Gedung Kejagung di Jaksel hangus usai kebakaran pada Sabtu (22/8/2020) malam. (Foto: iNews.id/Irfan Ma`ruf)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi terlalu jauh terkait penyebab kebakaran besar yang melanda gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam.

Mahfud meminta kepada masyarakat untuk menunggu proses terkait penanganan dan perkembangan kasus kebakaran.

"Pemerintah tidak membuat dugaan yang mengaitkan dengan kasus-kasus tertentu, karena itu kan sifatnya spekulatif. Oleh sebab itu ditunggu saja prosesnya," kata Mahfud dalam konferensi pers daring, Minggu (23/8/2020).

Mahfud meminta kepada masyarakat untuk mengawasi apa yang sekarang sedang terjadi. Namun sekali lagi dia mengimbau agar pengaitan masalah satu dengan lainnya untuk dikesampingkan terlebih dulu.

"Diawasi bersama-bersama, tetapi tidak perlu berspekulasi bahwa ini untuk melindungi ini, dilakulan oleh itu, namanya spekulatif. Hal seperti itu dijauhi dulu. Kalau untuk meyakinkan publik saya sampaikan bahwa pemerintah akan bersikap sungguh-sungguh dan boleh mengawasi dengan sumber-sumber lain," katanya.

Untuk diketahui, kebakaran hebat melanda Gedung Utama Kejagun, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8) pukul 19.10 WIB. Api dengan cepat berkobar dan menghanguskan tujuh lantai gedung tempat berkantor Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Wakil Jaksa Agung Untung Setia Arimuladi, bidang intelijen, dan kepegawaian tersebut.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq