Infografis Bapak dan Anak Jenderal AD Pernah Jabat Danpaspampres

Riezky Maulana ยท Minggu, 11 Juli 2021 - 19:46:00 WIB
Infografis Bapak dan Anak Jenderal AD Pernah Jabat Danpaspampres

Infografis

JAKARTA, iNews.id – Karier militer Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mirip dengan sang ayah, almarhum Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono. Semasa aktif di militer mereka sama-sama pernah menjabat Komandan Paspampres dan Pangdam Jaya.

Ketika Resimen Tjakrabirawa dilikuidasi pada 1966, TNI membentuk kesatuan baru untuk mengawal dan mengamankan Presiden. Kesatuan baru tersebut yakni Satgas Pomad/Para. Ketika itulah Norman yang berpangkat Kolonel CPM ditunjuk sebagai komandan selama 1966-1972.

Selain Danpaspampres, Norman juga pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura dan Pangdam Jaya. Dia meninggal dunia di RS Cikini, Jakarta, Kamis (20/11/1997). 

Sementarara  itu Marciano, lulusan Akademi Militer 1978, dipercaya sebagai Danpaspampres pada 2008. Ketika itu dia menggantikan seniornya, Mayjen TNI Suwarno, peraih Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama Akmil 1977 yang juga dari kecabangan kavaleri.

Selepas memegang tongkat komando ‘Pasukan Perisai Hidup Presiden’, Marciano dipromosikan sebagai Pangdam Jaya (2010). Penunjukan ini pun seperti mengulang jejak ayahnya.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda