Istana dan Relawan Jokowi Siapkan Syukuran Sederhana usai Pelantikan Presiden

Dita Angga, Koran SINDO ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 07:35 WIB
Istana dan Relawan Jokowi Siapkan Syukuran Sederhana usai Pelantikan Presiden

Koordinator Nasional Golkar Jokowi Rizal Mallarangeng. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Istana mulai menggelar rapat persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang. Berdasarkan rencana, usai Presiden Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dilantik, akan digelar acara syukuran oleh para relawan.

Konsep syukuran itu sedang dimatangkan. Namun, acara itu dipastikan tidak digelar besar-besaran dengan mempertimbangkan sejumlah hal.

“Ini baru rapat pertama dan satu dua hari ini ada rapat berikutnya. Kami mewakili relawan diundang, sehingga relawan dapat porsi sendiri. Nah tadi kita bicarakan, seperti apa porsinya. Partai-partai dan secara luas,” kata Koordinator Nasional Golkar Jokowi (GoJo) Rizal Mallarangeng di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dia menuturkan, suasana syukuran pelantikan kali ini bakal berbeda jika dibandingkan 2014 lalu. Menurutnya, tidak akan ada pesta, namun hanya syukuran sederhana.

“Ya suasanannya akan berbeda. Lebih banyak syukuran, doa, tentu saja harapan dan semangat ada. Bagaimana ekspresinya ini lagi dibicarakan. Sesuai dengan konteks yang ada sekarang,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Pelantikan Presiden, KSAD Kumpulkan Seluruh Pangdam

Rizal mengatakan bahwa bahwa simpatisan maupun pendukung antusias menyambut pelantikan. Kendati demikian, mereka diingatkan masih banyak persoalan bangsa yang masih harus dihadapi.

Dia pun belum dapat menjelaskan secara detail bagaimana konsep syukuran. Namun yang pasti akan banyak relawan yang terlibat dan menggunakan dresscode merah dan putih.

“Sifatnya bukan pesta, tapi lebih ke syukuran. Lebih ke penyatuan bersama menyatukan Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf lima tahun ke depan insyallah akan lebih sukses lagi memimpin Indonesia,” tuturnya.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rapat pleno terbuka, Minggu (30/6/2019). Keduanya meraih suara terbanyak dalam Pilpres 2019 yaitu 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 oleh MPR akan digelar pada Minggu, 20 Oktober 2019. Sempat direncanakan berlangsung sore hari, MPR akhirnya menetapkan pelantikan dilakukan pukul 14.00 WIB.

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet menuturkan, keputusan itu diambil dalam rapat pimpinan (rapim) setelah mendengarkan pendapat dan pandangan pihak parlemen maupun pemerintah, termasuk Jokowi dan Maruf Amin selaku presiden dan wakil presiden terpilih.


Editor : Zen Teguh