Istana : Ironis, Lukas Enembe Tak Berikan Contoh Baik Hormati Proses Hukum

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 27 September 2022 - 19:59:00 WIB
Istana : Ironis, Lukas Enembe Tak Berikan Contoh Baik Hormati Proses Hukum
Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani (dok. KSP)

JAKARTA, iNews.id - Kantor Staf Presiden (KSP) meminta Gubernur Papua Lukas Enembe menjadi contoh baik dalam mengikuti proses hukum. Lukas Enembe sebelumnya tidak menghadiri pemeriksaan KPK.

"Ironis ketika pejabat yang semestinya memberikan contoh dan komitmen tinggi dalam menghormati proses hukum yang tengah dihadapinya justru tidak memperlihatkan contoh dan komitmen tersebut secara maksimal," ujar Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Jaleswari menjelaskan bahwa pernyataan dari Presiden Jokowi seharusnya menjadi refleksi bagi Lukas untuk menaati proses hukum.

"Pernyataan Presiden Joko Widodo pada Senin (26/9) lalu bila ditelaah lebih dalam sesungguhnya merupakan refleksi mendalam atas dinamika yang sedang berkembang saat ini terkait proses penegakan hukum yang tengah diupayakan oleh KPK," jelasnya.

Terkait urusan medis, kata Jaleswari, KPK sudah memiliki mekanismenya tersendiri yang pada pelaksanaannya tidak mengurangi hak-hak tersangka.

"Sehingga urusan tersebut semestinya tidak secara sadar dan sengaja diperlakukan sebagai alasan yang dapat dipersepsikan merintangi upaya penegakan hukum," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda