Jalan dan Penerangan di Tangerang Diperbaiki Jelang Mudik

Isty Maulidya ยท Selasa, 26 April 2022 - 11:51:00 WIB
Jalan dan Penerangan di Tangerang Diperbaiki Jelang Mudik
Ilustrasi jalan di Tangerang (Foto : Ist)

TANGERANG, iNews.id - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengakui sudah mengantisipasi jalur kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur mudik Kota Tangerang. Antisipasi dilakukan dengan menambahkan rambu lalu lintas dan juga penerangan jalan di sejumlah titik.

"Kami pasang rambu petunjuk pengaman jalan (RPPJ) di ruas-ruas Kota Tangerang yang dilintasi pemudik, lalu penerangan juga sudah ditambahkan," ujarnya pada Selasa (26/4/2022).

Wahyudi juga sudah memetakan 13 titik rawan macet yang diperkirakan terjadi menjelang sore hari. Dia akan menambahkan personel di titik rawan macet, dan menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas.

"Di titik rawan macet tetap kita siapkan pesonel dan persiapan dengan lintasan vertikal," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (Kabid OP), PUPR, Dody Adriansyah mengungkapkan sudah memperbaiki 25 ruas jalan kota, yang kerap dilalui para pemudik. Terutama jalan-jalan penghubung antar kota, jalur menuju tol, hingga jalur pendukung mobilitas di bidang kesehatan.

“Sejak minggu kedua puasa, PUPR sudah mengerahkan petugas untuk menyisir dan menandai lubang-lubang yang ada di 25 ruas jalan tersebut. Bahkan, petugas PUPR Kota Tangerang juga dikerahkan untuk membantu menyisir jalur Provinsi dan Nasional, yang hasilnya dikooridnasikan untuk juga diperbaiki,” kata Dody.

Metode perbaikan jalan yang digunakan sesuai dengan kondisi kerusakan yang ada. Mulai kerusakan 60 sampai 80 persen, PUPR akan melakukan tindakan perbaikan besar. Perbaikan juga dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan akibat adanya lubang yang tidak terlihat.

“Sedangkan untuk lubang-lubang yang membahayakan, dilakukan perbaikan tambal sulam. Sehingga, 25 ruas jalan kota yang berpotensi tinggi dilalui para pemudik bisa dipastikan kondisi jalannya baik, aman dan layak digunakan,” tutur Dody.

Ada pun masyarakat Kota Tangerang yang ingin melaporkan kerusakan jalan untuk dilakukan perbaikan, dapat mengirim informasi tersebut melalui aplikasi LAKSA, atau lewat petugas Kelurahan dan Kecamatan.

“PUPR pun berkomitmen untuk totalitas memastikan kualitas yang baik, aman dan layak dilalui bagi para pemudik hingga arus balik nanti,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda