Jenderal Andhika Lepas 457 Siswa Secapa yang Sembuh Covid-19 Lanjut Pendidikan

Riezky Maulana · Rabu, 29 Juli 2020 - 10:05 WIB
Jenderal Andhika Lepas 457 Siswa Secapa yang Sembuh Covid-19 Lanjut Pendidikan

Jenderal Andhika Perkasa (Foto: Tangkapan Layar Video TNI AD)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin pelepasan 457 siswa Secapa AD yang telah dinyatakan negatif virus corona (Covid-19) berdasarka dua kali pemeriksaan. Pelepasan dilakukan di Secapa AD, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/07/2020).⁣

Andika menuturkan, para siswa yang telah dinyatakan negatif Covid-19 akan melanjutkan pendidikan kecabangan ke Pusat Pendidikan Infantri (Pusdikif) Cipatat, Bandung. Sebelum itu, mereka juga diwajibkan mendonorkan darahnya.

"Para siswa yang telah dinyatakan pulih dari hasil tes 2 kali negatif ini, akan melaksanakan kewajibannya, selain mendonorkan darahnya secara suka rela untuk kesembuhan pasien lainnya yang terdampak Covid-19 juga melanjutkan pendidikan dasar kecabangan,” ujar Andika dalam sebuah video yang dirilis TNI AD, Rabu (29/7/2020).

Andika menuturkan, apabila siswa sudah dinyatakan negatif 2 kali, maka para siswa akan mendonorkan darahnya demi pengobatan pasien positif menggunakan metode Plasma Convalescent. Menurutnya, itu berguna dalam prises pengembangan uji klinis yang sedang dilakukan.

“Pendonoran darah yang akan dilakukan nanti, merupakan upaya dalam membantu pemenuhan stock terapi plasma pada pemulihan pasien positif Covid-19,” ujar KSAD.⁣

Dia pun berharap, pelaksanaan uji klinis gabungan antivirus corona yang dilakukan Universitas Airlangga, Badan Intelijen Negara (BIN) dan TNI AD dapat segera rampung dalam waktu dekat. Menurutnya, satu temuan daripada penyembuhan itu dapat menyelamatkan banyak nyawa.

"Ya kita berharap uji klinis Dokter Purwati, tim gabungan Angkatan Darat dan BIN segera tuntas. Satu hasil uji klinis yang kemudian akan banyak menolong nyawa masyarakat indonesia," katanya.

Untuk dikerahui, sebanyak 457 siswa Secap AD yang dinyatakan negatif 2 kali merupakan hasil dari penanganan dengan Plasma Convalescent dan konsumsi obat uji klinis. Selain itu, penanganan intensif mulai pola tidur, olah raga hingga makanan yang dikonsumsi juga dilakukan.

"Setelah kami mengkonsumsi obat yang diberikan oleh tim medis selama 7 hari, stamina kami lebih fit dan sekarang sudah merasa lega," ujar salah satu siswa Secapa AD yang dinyatakan sembuh, Letda Zakiah.

Letda Zakiah menuturkan, mengutarakan rasa syukur atas kesembuhannya. Dia pun juga mengucapkan terimakasih kepada tim medis yang telah membantu proses penyembuhan.

"Kami mengucapkan terimakasih dengan bantuan dan dedikasi para medis, kami sudah sehat siap melanjutkan pendidikan selanjutnya dan siap mengabdi pada negara," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq