Oli Bekas Kendaraan Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaatnya

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 09:39 WIB
Oli Bekas Kendaraan Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaatnya

Selain untuk keperluan rumah tangga, oli bekas juga bisa dimanfaatkan dengan cara diolah kembali. (Foto

JAKARTA, iNews.id - Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3) terdari atas berbagai macam. Salah satunya pelumas atau oli bekas.

Sebab itu, cairan ini tidak boleh dibuang sembarangan. Oli bekas masih bisa dimanfaatkan untuk komponen lain. Seperti apa?

Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants, Sinung Wikantoro mengatakan, oli bekas bisa digunakan untuk melumasi rantai motor atau sepeda.

"Oli bekas bisa dimanfaatkan untuk melumasi rantai, pagar pintu dan gergaji mesin. Untuk menyimpan paku agar tidak karatan juga bisa," ujarnya dalam konfrensi video, beberapa waktu lalu.

Menurut Sinung, selain untuk keperluan rumah tangga, oli bekas juga bisa dimanfaatkan dengan cara diolah kembali. Dalam hal ini, oli bekas dikumpulkan terlebih dulu ke pengepul yang sudah mengantongi izin dari pemerintah.

Pengelola limbah ini biasanya ditunjuk oleh pemerintah yang sudah menerapkan standar tertentu.

"Ada yang diolah lagi menjadi bahan bakar untuk industri, ada sendiri pasarnya. Oli-oli tertentu bisa mengakomodir recycle dari oli bekas, tapi tidak semua jenis oli. Pertamina tidak bermain di situ, karena kami punya sumber fresh oil," katanya.

Editor : Dani Dahwilani