JK Dituduh Danai Kepulangan Habib Rizieq, Jubir: Opini Menyesatkan Buzzer

Fahreza Rizky ยท Minggu, 22 November 2020 - 15:29 WIB
JK Dituduh Danai Kepulangan Habib Rizieq, Jubir: Opini Menyesatkan Buzzer

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla. (Foto: dok. Koran SINDO).

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Husain Abdullah, menyangkal keras tuduhan yang menyebut JK terkait dengan kepulangan Habib Rizieq Shihab. Tuduhan itu tak lebih dari opini yang dibangun para buzzer.

Reaksi keras Uceng, sapaan karib Husain Abdullah, menanggapi cuitan eks politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean dan tulisan pegiat media sosial Rudi S Kamri. Menurutnya, tudingan itu sama sekali tidak benar.

"Pak JK tidak pernah mengomunikasikan atau pun mendanai kepulangan HRS sebagaimana opini yang sedang dibangun para buzzer sejak kepulangan HRS," ujar Uceng, Minggu (22/11/2020).

Dia menjelaskan, tuduhan yang menyangkutpautkan JK dengan kepulangan Habib Rizieq bermula dari cuitan Ferdinand Hutahaean lewat akun Twitter. Faktanya, dalam sebuah dialog di televisi swasta, Ferdinand tidak mampu membuktikan kebenaran cuitannya itu.

Narasi yang diusung oleh Ferdinand ini, kata Uceng, dijadikan dasar oleh pegiat medsos Rudi S Kamri untuk mewacanakan hal yang sama melalui tulisan berjudul "Sang Bandar Chaplin Pun Akhirnya Keluar Sarangnya karena Kepanasan."

Menurut Uceng, jika tulisan tersebut ditujukan kepada JK, itu merupakan sebuah tuduhan membabi buta tanpa fakta dan data yang jelas. Tepatnya, kata dia, ‘cocoklogi’ (mencocokkan hal-hal yang tidak cocok).

“Tulisan itu bukan saja menciptakan kegaduhan dan penyesatan, tetapi merusak hubungan sosial serta budaya saling menghargai,” kata dia.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua