JK Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata

Fahreza Rizky ยท Rabu, 09 September 2020 - 19:04 WIB
JK Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata

Tokoh Pers Jakob Oetama (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Jenazah tokoh pers nasional Jakob Oetama telah berada di rumah duka di kawasan Jakarta Selatan. Jakob meninggal pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kompas TV, kerabat dan saudara Jakob Oetama mulai berdatangan di rumah duka. Deretan pejabat yang hadir antara lain Menteri BUMN Erick Thohir dan Stafsus Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo.

Sekitar pukul 19.00 WIB akan dilakukan misa di rumah duka yang dihadiri secara terbatas dan tertutup untuk keluarga mendiang Jakob Oetama. Setelah itu, jenazah akan dibawa dari rumah duka ke Gedung Kompas yang terletak di Palmerah Selatan, Jakarta Barat, untuk disemayamkan.

Diperkirakan jenazah Jakob Oetama tiba di Gedung Kompas pada pukul 20.30 atau 21.00 WIB. Di tempat inilah jenazah tokoh pers itu disemayamkan hingga esok pagi. Kolega yang ingin memberikan penghormatan terakhir dipersilakan secara terbatas.

Sebagai informasi, protokol kesehatan diberlakukan ketat dalam kegiatan persemayaman jenazah Jakob Oetama di Gedung Kompas. Mengingat pandemi corona masih belum berlalu. 

Usai disemayamkan di Gedung Kompas, jenazah Jakob Oetama akan diserahkan kepada negara dan dimakamkan esok, Kamis (10/9/2020) siang di Taman Makam Pahlawan (TMP). 

Adapun inspektur upacara dalam pemakaman Jakob Oetama yakni Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Jakob Oetama lahir di Borobudur, Magelang, pada 27 September 1931. Mendiang adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas.

Saat ini ia merupakan Presiden Direktur Kelompok Kompas-Gramedia, Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia, dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq