Jokowi Bacakan Pidato Kenegaraan, Gedung DPR Mulai Dijaga Ketat

Rully Ramli ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 07:57 WIB
Jokowi Bacakan Pidato Kenegaraan, Gedung DPR Mulai Dijaga Ketat

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyampaikan pidato kenegaraan di depan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Gedung MPR-DPR RI. Pidato kenegaraan ini merupakan pidato tahunan yang rutin dibacakan setiap tanggal 16 Agustus.

Pantauan iNews.id di lokasi, penjagaan di Gedung DPR-RI mulai diperketat sejak pukul 06.00 WIB. Hal tersebut terlihat dari sejumlah petugas keamanan dan pasukan pengawal Presiden yang mulai berjaga di setiap sudut dan titik di Gedung DPR-MPR.

Para petugas keamanan yang berjaga tidak lagi mengizinkan sembarangan orang masuk ke Gedung DPR-MPR. Hanya orang yang memliki id khusus saja yang bisa masuk ke dalam Gedung DPR-MPR RI.

Jika membawa mobil maka pemeriksaan mulai dilakukan sejak pintu masuk mobil di Jalan Gelora. Begitu pun dengan pengguna kendaraan bermotor juga mulai diperiksa sejak pintu gerbang kendaraan bermotor.

Terlihat di dalam Gedung Nusantara juga sudah mulai ramai diisi peserta dan juga awak media. Banyak peserta tampak mengenakan setelan jas dan juga batik.

Berbagai macam booth turut meramaikan acara ini dan terlihat sudah mulai membuka lapak berjualan mereka. Barang yang dijual di tempat ini pun bervariasi, mulai dari makanan kemasan hingga barang kecantikan siap dijual.

Sebagai informasi, berdasarkan agenda, Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2019. Pidato ini dijadwalkan akan dibacakan pada pukul 08.55 WIB.

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan akan membacakan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada Sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI. Pembacaan pidato ini akan dilakukan sekira pukul 10.38 WIB.

Di tempat yang sama, Jokowi juga akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya. Pidato ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019–2020 sekira pukul 14.20 WIB.


Editor : Ranto Rajagukguk