Jokowi Berbincang dengan Dokter Paru Penyintas Covid-19

Okezone, Fahreza Rizky ยท Minggu, 27 September 2020 - 11:44 WIB
Jokowi Berbincang dengan Dokter Paru Penyintas Covid-19

Presiden Jokowi saat berbincang dengan dokter paru penyintas covid-19 melalui video call. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo menyapa dan berbincang dengan Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru yang sempat terpapar covid-19, Minggu (27/9/2020). Faisal diketahui bertugas di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Perbincangan itu diketahui berlangsung via video call. Faisal kini telah dinyatakan sembuh dan boleh bertugas.

"Dokter Faisal lagi di mana? Sepertinya sedang tidak bertugas?" tanya Presiden Jokowi di awal pembicaraan sebagaimana dikutip dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Minggu (27/9/2020).

Faisal menjawab dirinya baru kembali bertugas setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif akibat terpapar covid-19. Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan dilakukan tes usap dia dinyatakan sembuh dan dapat kembali bertugas.

"Hari ini saya pertama masuk Pak, setelah saya menjalani perawatan. Saya terkena covid-19. Jadi saya sudah menjalani perawatan segala macam. Kemarin rontgen terakhir dan sudah tes swab. Saya dinyatakan sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas," kata Faisal.

Jokowi pun mengucapkan syukur atas kesembuhan Dokter Faisal. Dia kemudian menanyakan kondisi penanganan covid-19 di RSPI.

"Alhamdulillah sudah sembuh. Dokter Faisal, bagaimana penanganan covid-19 di RSPI Sulianti Saroso?" ucap Jokowi.

Dokter spesialis paru lulusan Universitas Indonesia tersebut menjelaskan perawatan pasien covid-19 di rumah sakit tersebut sesuai dengan prosedur dan standar dari Kementerian Kesehatan. Begitu pula dengan sarana dan obat-obatan yang tersedia lengkap. Namun dia menyebut RSPI mulai kekurangan tenaga medis karena lonjakan pasien yang datang.

Faisal juga menjelaskan mengenai kesehariannya saat merawat para pasien. Kebosanan merupakan salah satu tantangan yang dirasakan pasien saat menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua