Jokowi Berencana Temui Mahasiswa Hari Ini, Apresiasi Aksi Demonstrasi

Dita Angga, Koran SINDO ยท Jumat, 27 September 2019 - 05:00 WIB
Jokowi Berencana Temui Mahasiswa Hari Ini, Apresiasi Aksi Demonstrasi

Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan sejumlah tokoh dan budayawan usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menemui perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah kampus. Pertemuan itu untuk memberikan apresiasi atas aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa.

Dalam pandangan Jokowi, aksi demo mahasiswa merupakan bagian dari demokrasi di Indonesia sekaligus memberi masukan kepada pemerintah.

“Saya menyampaikan penghargaan saya, apresiasi saya terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa. Yang ini saya kira sebuah bentuk demokrasi yang ada di negara kita,” kata Jokowi usai bertemu dengan tokoh lintas bidang di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Jokowi menuturkan masukan-masukan tersebut akan menjadi catatan-catatan untuk melakukan perbaikan. Kendati demikian, Jokowi mengingatkan agar aksi-aksi menyampaikan pendapat jangan sampai diwarnai dengan tindakan merusak fasilitas umum.

“Yang paling penting jangan sampai demo merusak fasilitas umum, anarkis dan merugikan kita semua. Saya rasa itu,” tuturnya.

Presiden Jokowi menerima para tokoh lintas bidang di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Mengenai adanya tindakan represif yang dilakukan aparat, Jokowi mengatakan akan menelpon langsung Kapolri agar menghindari hal tersebut. Menurutnya, penanganan demo perlu dikedepankan dengan cara-cara terukur.

“Tapi kalau sudah anarkistis seperti tadi malam (Selasa malam) ya memang harus tindakan tegas,” kata Jokowi.

Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Mereka menyuarakan penolakan atas RKUHP, UU KPK dan berbagai RUU lain yang dinilai kontroversial.

Aksi demonstrasi juga berlangsung di sejumlah kota, seperti Makassar, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Denpasar dan lainnya. Aksi-aksi itu diwarnai bentrokan dengan aparat kepolisian.

Editor : Zen Teguh