Jokowi Ingatkan Pemda Jangan Bikin Ruwet Perizinan Ekspor

Fahreza Rizky ยท Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:57:00 WIB
Jokowi Ingatkan Pemda Jangan Bikin Ruwet Perizinan Ekspor
Presiden Jokowi mengingatkan pemerintah daerah (pemda) tidak menghambat dan membuat ruwet perizinan ekspor. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pemerintah daerah (pemda) tidak menghambat dan membuat ruwet perizinan ekspor. Pasalnya saat ini nilai ekspor di Tanag Air sedang tumbuh positif. Dia meminta daerah membuat regulasi yang memudahkan aktivitas ekonomi ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka APKASI Otonomi Expo 2021 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021). Acara ini dihadiri oleh bupati dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam medium luring dan daring.

"Ini kemarin informasi nilai ekspor Indonesia tahun ini dari Januari-Agustus mencapai 142 miliar US Dollar, tumbuh 37,7 persen year-on-year. Artinya Ekspor kita tumbuh sangat bagus sekali," ucapnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mendorong daerah memanfaatkan kondisi ini karena hampir semua negara membutuhkan komoditas yang berasal dari Indonesia. Karenanya perizinan ekspor jangan dihambat ataupun dipersulit.

"Kalau daerah bisa memanfaatkan ini karena hampir semua negara sekarang ini membutuhkan komoditas kita. Sehingga jangan sampai ada daerah yang justru menghambat membuat ruwet perizinan, tidak mendorong agar ekspor kita bisa berkembang dengan baik," ujarnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: