Jokowi: Kerugian Karhutla Capai Triliunan Rupiah

Dita Angga ยท Senin, 22 Februari 2021 - 18:37:00 WIB
Jokowi: Kerugian Karhutla Capai Triliunan Rupiah
Presiden Jokowi meminta karhutla harus dicegah sedini mungkin. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar kebakaran lahan dan hutan (karhutla) dicegah semaksimal dan sedini mungkin. Peringatan itu terutama ditujukan kepada pemerintah daerah.

Menurut Jokowi kerugian akibat karhutla yang ditanggung negara bisa mencapai triliunan rupiah. Belum lagi kerusakan ekosistem yang ditimbulkan. 

“Hati-hati begitu kebakaran meluas kerugian tidak hanya juta atau miliar. Saya pastikan angkanya pasti triliun. Ini hati-hati. Belum kerusakan ekologi ekosistem kita,” katanya dalam Rakornas Pengendalian Karhutla Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).

Mantan wali kota Solo ini pun meminta agar semua pihak memprioritaskan langkah pencegahan. Dia menekankan agar pemda tidak terlambat dalam upaya pencegahan.

"Sekali lagi prioritaskan pencegahan. Jangan terlambat. Karena kalau sudah terlambat kita guyur dengan water bombing sebanyak apapun, pengalaman kita sudah terlanjur sulit. Jadi api boleh keluar kecil tapi segera dipadamkan. Sekali lagi pencegahan diprioritaskan,” ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2