Jokowi Minta Politisasi dan Nasionaliasi Vaksin Covid Harus Diakhiri

Fahreza Rizky ยท Kamis, 23 September 2021 - 06:58:00 WIB
Jokowi Minta Politisasi dan Nasionaliasi Vaksin Covid Harus Diakhiri
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id — Krisis Covid-19 menunjukkan rapuhnya ketahanan kesehatan global, baik di negara berkembang maupun di negara maju. Oleh sebab itu, arsitektur sistem ketahanan kesehatan dunia harus diperkuat, seperti IMF.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021) pada acara Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual.

"Kita harus menyusun mekanisme baru penggalangan sumber daya kesehatan dunia, termasuk untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia yang antara lain digunakan untuk pembelian vaksin, obat, dan alat kesehatan," ujar Jokowi dilansir dari rilis Biro Pers Sekretariat Presiden, Kamis (23/9/2021)..

Menurut Jokowi, standar protokol kesehatan global harus segera disusun agar standar di semua negara bisa sama. Standar tersebut antara lain mengatur tentang perjalanan lintas batas negara.

Di samping itu, Kepala Negara juga menyerukan agar negara berkembang harus diberdayakan menjadi bagian dari solusi. Kapasitas manufaktur lokal harus dibangun agar kebutuhan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan bisa tersedia secara cepat dan merata di seluruh dunia.

"Indonesia berkomitmen dan mampu menjadi bagian dari rantai pasok global," ucapnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: