Jokowi Puji Penanganan Covid-19 di Merauke dan Gunungkidul

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 13:06 WIB
Jokowi Puji Penanganan Covid-19 di Merauke dan Gunungkidul

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo melaksanakan video telekonferensi bersama enam Polres usai upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Jokowi menanyakan perkembangan penanganan covid-19 di wilayah Polres itu.

Yang pertama Jokowi menanyakan hal tersebut kepada Kapolres Gunungkidul di Yogyakarta, AKBP Agus Setiyawan. Jokowi ingin memastikan apa yang sudah dilakukan jajaran Polres untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan covid-19.

"Situasi penanganan covid-19 di sana bagaimana? Apa yang sudah dilakukan untuk membantu pemda?" tanya Jokowi.

"Siap, saat ini masih ada empat pasien covid-19 di RSUD Wonosari, banyak yang sudah sembuh. Kami melibatkan TNI dan pemda untuk edukasi," kata Agus.

Jokowi kemudian memuji apa yang disampaikan Agus. Dia mendorong jajaran Polres Gunungkidul mempertahankan sekaligus menambah kinerja.

"Empat itu relatif sedikit, kalau Kapolres tahu jumlah pastinya berarti ikut terjun ke lapangan, terima kasih," ucapnya.

Selanjutnya Jokowi menanyakan hal yang sama kepada Kapolres Merauke, AKBP Agustinus Ary Purwanto. Jokowi juga menanyakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkini.

"Situasi Merauke terkendali, selama tiga bulan pandemi angka kriminal turun 30 persen. Sejak 22 Maret 2020 ada 16 kasus positif covid-19 dan sekarang sudah sembuh semua," kata Agustinus.

Jokowi pun memuji apa yang terjadi di Merauke sebagai penanganan cepat covid-19. Sementara Kapolres Kepulauan Talaud, AKBP Alam Kusuma S Irawan menjelaskan kondisi kamtibmas dan penanganan covid-19 terkendali.

Editor : Rizal Bomantama