Jokowi Ungkap Empat Kekuatan dalam Bangun Indonesia, Apa Saja?

Raka Dwi Novianto · Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:58:00 WIB
Jokowi Ungkap Empat Kekuatan dalam Bangun Indonesia, Apa Saja?
Presiden Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR DPR, Jakarta. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan empat kekuatan dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang tangguh. Kekuatan pertama yakni saat mengahadapi pandemi covid-19.

Menurutnya, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh.

"Masyarakat dusun dan kampung saling melindungi dan saling berbagi. Ulama, tokoh agama, dan tokoh adat,aktif mendampingi masyarakat. Organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat," kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

"Tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan jajaran birokrasi saling bersinergi. Lembaga-lembaga negara juga mendukung pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini," tambahnya.

Jokowi mengatakan jika pemerintah  mampu mengelola pandemi dengan baik, maka pasti mampu juga mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik. 

"Inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Indonesia," katanya.

Kekuatan kedua Indonesia, kata Jokowi adalah sumber daya alam yang melimpah. Wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia menjadi kekuatan besar Indonesia, jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan.

"Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda