Kapolri Dapat Brevet Kehormatan Prajurit Kostrad, Disematkan Langsung Pangkostrad

Felldy Utama ยท Selasa, 13 September 2022 - 15:35:00 WIB
Kapolri Dapat Brevet Kehormatan Prajurit Kostrad, Disematkan Langsung Pangkostrad
Pangkostrad sematkan brevet kehormatan kepada Kapolri (dok. TNI)

JAKARTA, iNews.id - Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak menyematkan Brevet Kehormatan Cakra kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Penyematan dilakukan usai penutupan Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA. 2022 di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (13/09/2022).

Dalam sambutannya, Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Kapolri yang menjadi bagian dari keluarga besar Kostrad. 

“Penyematan Brevet Kehormatan Cakra ini merupakan bentuk penerimaan dan pengukuhan serta penghargaan Kostrad kepada Kapolri, yang pada hari ini bersama-sama prajurit Kostrad selesai melaksanakan Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA 2022 telah resmi menyandang sebagai prajurit Cakra Kostrad,” ujarnya.

Momentum ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan. Mengingat kualifikasi yang terkandung pada Brevet Cakra adalah kualifikasi yang diperoleh melalui latihan dan penggemblengan untuk mencapai suatu kemampuan khusus sesuai tuntutan bagi setiap prajurit Kostrad.

“Satuan Kostrad sebagai satuan tempur memiliki standardisasi yang harus disiapkan, untuk mengantisipasi dan menghadapi berbagai perkembangan situasi dan kondisi yang berkembang di seluruh wilayah NKRI,” ujar Maruli.

"TNI-Polri adalah garda terdepan, untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, di daerah penugasan kita saling membantu, kami pasukan yang selalu siap, kami latihan rutin dan kami selalu siap untuk melakukan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan," katanya.

Sementara Kapolri menyampaikan rasa bangga bisa menyaksikan secara langsung latihan standardisasi prajurit Kostrad gelombang XIII yang baru saja ditutup.

"Alhamdulillah saya selaku Kapolri mendapatkan kehormatan menjadi warga kehormatan Kostrad. Baru saja saya mendapatkan penyematan langsung Baret Kostrad, Sangkur dan Brevet sebagai warga kehormatan Kostrad oleh Pangkostrad," kata Kapolri.

Menurut Kapolri, kegiatan ini meningkatkan sinergitas TNI-Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Khususnya Kostrad dan Polri yang telah bersama-sama menghadapai musuh-musuh negara dan gangguan Kamtibnas di berbagai daerah.

Kapolri memerintahkan kepada seluruh jajaran di mana pun bertugas untuk terus menjaga kekompakan, meningkatkan sinergitas dan soliditas sebagai keluarga besar. "Sakitnya Polri adalah sakitnya Kostrad, senangnya Polri adalah senangnya Kostrad," ujarnya.

Kapolri menegaskan siapa yang menjadi musuh Polri adalah musuh Kostrad, siapa yang menjadi teman dan sahabat Polri adalah teman dan sahabat Kostrad.

"Tanamkan di dalam sanubari seluruh TNI-Polri, Kostrad dan Polri selalu menjaga kewibawaan negara dari ancaman kedaulatan dan siapa pun yang merongrong dan musuh NKRI adalah musuh kami, rakyat yang harus selalu kita lindungi. Bangsa dan NKRI harus kita kawal dan kita jaga," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda