Kasus Bansos Covid-19, KPK Usut Penurunan Nilai Sembako Tak Sampai Rp300.000

Antara ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 04:35:00 WIB
Kasus Bansos Covid-19, KPK Usut Penurunan Nilai Sembako Tak Sampai Rp300.000
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. (Foto: iNews.id/Rizki Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Audit tersebut terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) sembako untuk penanganan virus corona (Covid-19) oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, sebelumnya KPK juga telah menerima keluhan dari masyarakat terkait kualitas sembako yang disalurkan tersebut.

"BPKP kan bertugas melakukan verifikasi terhadap kewajaran harga dari sembako. Hasil audit BPKP seperti apa tentu sudah dimiliki oleh teman-teman penyidik. Apakah di sana memang ada kemahalan harga atau apapun, pasti nanti akan didalami," ujar Alexander di Gedung KPK, Jakarta, Senin (25/1/2021).

Menurutnya, informasi yang diperoleh KPK nilai sembako yang didistribusikan kepada masyarakat tidak mencapai Rp300.000. "Informasi dari masyarakat dan yang saya baca di berbagai media ada penurunan kualitas, kualitas sembakonya tidak baik atau ada yang mengatakan nilainya sebetulnya tidak sampai Rp300 ribu," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2