Kasus Omicron Naik, Pemerintah Tak Berencana Hentikan Sekolah Tatap Muka

Fahreza Rizky · Senin, 24 Januari 2022 - 13:47:00 WIB
Kasus Omicron Naik, Pemerintah Tak Berencana Hentikan Sekolah Tatap Muka
Sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan dan jaga jarak. (Foto: Ist).

JAKARTA, iNews.id — Pemerintah memastikan belum berencana menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah meski saat ini varian Omicron mulai meningkat. Kebijakan tersebut akan dihentikan jika ada hal-hal bersifat luar biasa. 

"Pembelajaran tetap dilaksanakan, kalau ada hal-hal luar biasa akan diputuskan tersendiri. Jadi kita tidak ada rencana menghentikan sekolah tetap muka," tegas Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (24/1/2022). 

Menurutnya, hingga kini belum terlihat tanda-tanda kenaikan kasus Omicron yang eksponensial meski varian baru tersebut sudah menyelinap masuk ke Tanah Air.

"Sejak varian Omicron ditemukan satu bulan yang lalu di Indonesia, hari ini belum terlihat tanda-tanda kenaikan kasus yang cukup eksponensial seperti yang terjadi di belahan negara yang lain," ungkap Luhut.

Hal itu, kata dia, terlihat dari posisi Bed Occupanty Ratio/ BOR di Jawa-Bali yang jauh lebih baik dibandingkan dengan awal kenaikan varian delta, sehingga memberikan ruang yang lebar sebelum mencapai batas mengkhawatirkan 60 persen.

"Kasus kematian harian di seluruh wilayah Jawa-Bali selama 14 hari terakhir juga masih pada tingkat yang cukup rendah," jelas Luhut.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Indonesia mulai meningkat. Kondisi ini diperparah dengan masuknya varian Omicron. Pemerintah memperkirakan puncak kasus Omicron akan terjadi pada awal Februari 2022.

Per Minggu 23 Januari 2022, kasus positif Covid di Indonesia bertambah 2.925. Dengan adanya penambahan itu jumlah kasus corona secara nasional sebanyak 4.286.378.

Sementara itu kasus sembuh tercatat ada 712 kasus sehingga totalnya menjadi 4.123.267. Kemudian kasus meninggal bertambah 12 sehingga totalnya sebanyak 144.220. Kasus aktif Covid bertambah 2.199 dan akumulasinya sebesar 18.891. 

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda