Kasus Stunting di 10 Provinsi Ini Tinggi, Menko PMK Minta Pemda Serius

Fahreza Rizky · Selasa, 28 September 2021 - 12:39:00 WIB
Kasus Stunting di 10 Provinsi Ini Tinggi, Menko PMK Minta Pemda Serius
Menko PMK Muhadjir Effendy sebut ada 10 provinsi dengan kasus stunting tinggi (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan ada 10 provinsi yang memiliki angka kasus stunting tinggi. Dia ingin kondisi ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Kesepuluh daerah dengan angka stunting tinggi antara lain Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

Muhadjir menuturkan, saat berkunjung ke daerah-daerah tersebut, dirinya melihat semangat dari para pimpinan daerah beserta stakeholder lainnya untuk memerangi stunting. Karena itulah, dia optimistis saat ini angka stunting di sana sudah mulai menurun.

"Alhamdulillah sepanjang saya kunker di provinsi ini, semangat dari pimpinan daerah dan dukungan masyarakat untuk perang melawan stunting ini cukup tinggi, mudah-mudahan sekarang ini angkanya saya kira sudah mulai menurun," ujarnya dalam acara Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Tuberkulosis secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Selain itu, Muhadjir memaparkan ada tiga provinsi yang diprediksi mengalami kenaikan angka stunting di tengah pandemi, antara lain Sulawesi Barat (0,07), NTB (0,3) dan Bangka Belitung (1,01).

"Daerah yang memiliki stunting tinggi mohon perhatiannya dari semua pihak baik pemda, para pelaku di bidang kesehatan, swasta, organisasi sosial kemasyarakatan, perguruan tinggi, dan mass media daerah untuk perhatian tinggi untuk tren yang kurang menggembirakan ini," tutur Muhadjir.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda