Kasus Suap Proyek di Pemkab Sidoarjo, KPK Eksekusi Penyuap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:54 WIB
Kasus Suap Proyek di Pemkab Sidoarjo, KPK Eksekusi Penyuap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Bupati Sidoarjo (nonaktif) Saiful Ilah usai menjalani penyidikan sebagai tersangka kasus dugaan suap di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2020). (Foto: iNews.id/Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi terpidana kasus suap pengadaan proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur yakni Ibnu Ghofur. Ibnu dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya.

Hal tersebut sesuai dengan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Surabaya Nomor: 15/PID.SUS/TPK/2020/PN. SBY tanggal 29 Mei 2020. Ibnu merupakan seorang kontraktor yang terbukti menyuap Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah.

"Atas nama terpidana Ibnu Ghofur dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Surabaya di Porong untuk menjalani pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan," ujar Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Ali menjelaskan terpidana Ibnu Ghofur telah terbukti dan diputus bersalah melakukan tindak pidana korupsi karena memberikan suap kepada Saiful Ilah. Hal itu dilakukan agar dia ditunjuk sebagai pemenang tender empat proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo.

"Selain itu terpidana juga dibebani pidana denda sebesar Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan," kata Ali.

Vonis tersebut lebih ringan dibanding tuntutan jaksa KPK. Sebelumnya jaksa penuntut umum KPK menuntut Ibnu Ghofur dengan hukuman penjara dua tahun enam bulan dan denda Rp 200 juta.

Sebelum Ibnu Ghofur, KPK telah menetapkan lima orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus ini. Mereka yakni Saiful Ilah serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Sunarti Setyaningsih.

Kemudian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo Judi Tetrahastoto, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Sanadjihitu Sangadji, dan Totok Sumedi selaku kontraktor. Pada 7 Januari 2020, Ibnu diduga menyerahkan "fee" proyek kepada Saiful sebesar Rp350 juta dalam tas ransel melalui ajudan Saiful di rumah dinas bupati terkait empat proyek infrastruktur di Pemkab Sidoarjo.

Editor : Rizal Bomantama