Kemendagri Bentuk Tim Bahas Perpanjangan Izin FPI

Sindonews ยท Senin, 24 Juni 2019 - 16:17 WIB
Kemendagri Bentuk Tim Bahas Perpanjangan Izin FPI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima permohonan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang diajukan organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Indonesia (FPI). Surat perpanjangan itu dilayangkan FPI pada Jumat, 21 Juni 2019.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, jajarannya telah membentuk tim guna membahas permohonan perpanjangan izin FPI. Dia mengungkapkan, pembentukan tim tersebut merupakan hal yang biasa dalam memproses pengusulan perpanjangan SKT.

BACA JUGA:

Mendagri Sebut FPI Sudah Layangkan Perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar

Izin FPI Berakhir 20 Juni, Tjahjo: Petisi Masyarakat Jadi Pertimbangan

Mantan sekretaris jenderal (sekjen) PDI Perjuangan ini memastikan, setiap usulan perpanjangan SKT akan dikaji secara matang. Hal itu disampaikan Tjahjo di Komplek Istana Kepresidenan, Senin (24/6/2019).

"Tidak prinsip sih. Tetapi setidaknya yang lewat SKT itu setiap pengajuan kembali akan kita nilai. Kita telaah. Kita pelajari dulu AD/ART yang terbaru bagaimana, komitmen terhadap NKRI dan Pancasila, itu yang dilihat," tuturnya.

Tajhjo menjelaskan, surat usulan perpanjangan tersebut diusulkan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Infonya sudah diajukan lewat Dirjen Polpum. Sekarang sedang diurus oleh Dirjen Polpum. Sedang dievaluasi dulu," kata mantan ketua Fraksi PDI Perjuangan ini.

Tjahjo mengakui perpanjangan SKT FPI, akan menimbulkan reaksi baik yang pro dan kontra terkait apa pun keputusan yang akan dikeluarkan nantinya.

"Apapun yang diputuskan pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Maka Ormas yang baik, Ormas yang tidak menimbulkan pro kontra, ada kemaslahatan bagi masyarakat dan bangsa," katanya.


Editor : Djibril Muhammad