Kemendagri Yakin Partisipasi Pemilu 2024 Tetap Tinggi

kevi laras · Kamis, 09 September 2021 - 19:12:00 WIB
Kemendagri Yakin Partisipasi Pemilu 2024 Tetap Tinggi
Tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2024 diyakini tetap tinggi. (Foto: Dok. Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) optimistis tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 tetap tinggi. Pandemi Covid-19 diyakini tak jadi penghambat untuk mencapai itu.

Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Syarmadani pun menyinggung tingkat partisipasi Pilkada 2020 yang mencapai 76,09 persen. Dia membandingkannya dengan tingkat partisipasi pemilu Amerika Serikat yang berada di angka 66,9 persen.

"Sebagai pembanding, partisipasi pemilih Indonesia di 2020 itu 76,09 persen, di saat yang sama bila dibandingkan Amerika Serikat 66,9 persen yang katanya sangat tinggi terhadap kesehatan dan demokrasi yang bagus," ujarnya dalam diskusi virtual pada Kamis (9/9/2021).

Syarmadani pun membandingkannya dengan tingkat partisipasi pemilu di Korea Selatan yang hanya 66,2 persen. Menurutnya, antusias masyarakat bakal tetap dianggap tinggi walaupun sedang pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, sarung tangan, dan mengatur jadwal kedatangan sampai adanya penyemprotan dilakukan petugas.

"Ternyata antusias masyarakat tetap datang dengan protokol, misalnya menggunakan sarung tangan, masker, mengatur jam kedatangan terus hand sanitizer, dan juga penyemprotan bisa membuat masyarakat yakin datang ke TPS. Coba juga kita bandingkan dengan Korsel cuma 66,2 persen," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: