Kemendikbudristek Pastikan Akses Pendidikan ke Korban KRI Nanggala

Riezky Maulana ยท Rabu, 26 Mei 2021 - 02:59:00 WIB
Kemendikbudristek Pastikan Akses Pendidikan ke Korban KRI Nanggala
Proses pencarian KRI Nanggala-402 terus dilakukan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id  - Dalam rangka menjamin pendidikan putra-putri awak KRI Nanggala-402, TNI Angkatan Laut (AL) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan Perjanjian Kerja Sama Beasiswa Unggulan Penghargaan. Beasiswa itu dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

Perjanjian tersebut dilaksanakan secara virtual. TNI AL melaksanakannya di Gedung Neptunus, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, sedangkan pihak Kemendikbudristek di kantor Kemendikbud di Senayan  Jakarta Pusat, Selasa, (25/5/2021).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ainun Na'im dan Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi menjadi perwakilan masing-masing institusi untuk penandatangan perjanjian tersebut. Para keluarga KRI Nanggala-402 juga menyaksikan hal ini secara virtual dari rumah masing-masing. 


Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya melalui tayangan video menyampaikan bahwa, penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilaksanakan merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai wujud penghargaan tertinggi atas dedikasi, loyalitas hingga pengabdian para awak KRI Nanggala-402 yang telah diberikan kepada Indonesia.

"Saya berharap, penandatanganan kerja sama ini dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan hak dan kewajiban sesuai perjanjian yang telah disepakati untuk menyalurkan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pemberian beasiswa pendidikan bagi putra-putri awak KRI Nanggala-402,” tutur Yudo dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Sementara itu di kesempatan yang sama, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menuturkan pemberian beasiswa ini tidak ada apa-apa ketimbang pengabdian para awak KRI Nanggala-402. Akan tetapi, diharapkan dapat meringankan beban keluarga dan menjadi jalan bagi mereka yang hendak menggapai cita-cita.

“Pemberian beasiswa kepada 86 anak dari 53 awak KRI Nanggala-402 ini tentunya tidak sepadan dengan pengabdian yang telah diberikan awak KRI Nanggala yang telah gugur, namun setidaknya dapat meringankan beban dan memperluas kesempatan bagi generasi penerus awak KRI Nanggala untuk menggapai cita-cita dan meneruskan jejak pengabdian mereka,” kata Nadiem.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq