Kementerian BUMN Berikan Dukungan Terselenggaranya ASEAN Para Games Solo 2022

Yaomi Suhayatmi · Minggu, 31 Juli 2022 - 14:15:00 WIB
Kementerian BUMN Berikan Dukungan Terselenggaranya ASEAN Para Games Solo 2022
Kementerian BUMN mendukung penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo pada 30 Juli – 6 Agustus 2022, serta LIVE di iNews TV, RCTI+ dan Vision+. (Foto: dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kota Solo, Jawa Tengah mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Solo atau yang dikenal pula dengan sebutan Surakarta dipilih menjadi lokasi digelarnya pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara yang ke-11 ini menggantikan Vietnam yang memutuskan mundur.

Ya, ASEAN Para Games adalah pesta multi-cabang olahraga, khusus untuk atlet difabel atau atlet berkebutuhan khusus terbesar di Asia Tenggara. Pesta Olahraga  dua tahunan ini digelar di Stadion Manahan Solo, pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. 

Sejumlah lokasi pertandingan venue sudah disiapkan untuk para atlet berlaga selama jalannya ASEAN Para Games 2022. Ada 13 jenis cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan termasuk di antaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, bocia, judo, goalball, tenis kursi roda, panahan, CP football, dan basket kursi roda. Indonesia sebagai tuan rumah menurunkan sekitar 200 atlet mengikuti semua cabor yang dipertandingkan.

ASEAN Para Games 2022 diikuti oleh atlet dari 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Timor Leste, Vietnam, Kamboja, Brunei Daruassalam, dan Myanmar.

Untuk menyambut kehadiran para peserta, Indonesia selaku tuan rumah ASEAN Para Games 2022 melakukan penyambutan khusus yang digelar di halaman depan Stadion Manahan, Solo, Rabu sore (27/7/2022). Acara ini dibuka dengan tarian tradisional yaitu Tari Kiprah Rajamala diiringi dengan musik tradisional. Tampak Rajamala, Maskot ASEAN Para Games 2022 terpampang di samping  panggung. Rajamala adalah sosok kesatria manusia setengah raksasa yang sakti tiada banding dalam cerita atau lakon wayang ‘Raden Raja Mala’.

Dalam acara ceremonial penyambutan ini, hadir beberapa perwakilan para atlet serta ofisial, dan Chef de Mission dari kontingen ke-10 negara. Dalam pertemuan itu, kontingen Indonesia, diwakili oleh 10 atlet para tenis meja didampingi CdM Kontingen Indonesia Andi Herman. Lalu hadir pula, Senny Marbun selaku Ketua NPC Indonesia serta Presiden Sports Federation, Osoth Bhavilai. 

Dukungan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI

Untuk mensukseskan pesta olagraga para difabel di level regional ini, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) ke-11 pada 17 Juni 2022. Dalam Perpres tersebut Ketua Umum NPC Indonesia menunjuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee atau Inaspoc.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda