Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean Negatif Covid-19

Ariedwi Satrio ยท Minggu, 20 September 2020 - 15:30 WIB
Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean Negatif Covid-19

Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dinyatakan negatif infeksi virus corona (Covid-19). (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korups (KPK) terus melakukan testing dan tracing terkait penularan virus corona (Covid-19). Kabar baiknya, Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dinyatakan negatif Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri menuturkan, Tumpak dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR. Pemeriksaan dilakukan beberapa waktu lalu.

"Informasi yang kami terima, untuk hasil swab Pak THP (Tumpak Hatorangan Panggabean), negatif Covid-19," katanya saat dikonfirmasi, Minggu (20/9/2020).

Anggota Dewas lainnya yang dinyatakan negatif yakni Albertina Ho. Sementara satu anggota Dewas yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni Syamsuddin Haris.

Syamsuddin Haris sudah dilakukan karantina dan perawatan di Rumah Sakit. Kata Ali, Syamsuddin Haris dirawat di Rumah Sakit Pertamina Jakarta.

KPK juga sudah berkoordinasi dengan unit pelayanan kesehatan (Yankes) di tempat tinggal Syamsuddin Haris untuk menindaklanjuti hal tersebut. "KPK juga sudah berkoordinasi dengan Yankes tempat tinggal beliau untuk melakukan tindak lanjut yang diperlukan," ujarnya.

Sekadar informasi, anggota Dewas KPK menjalani tes swab PCR pada Selasa, 15 September 2020. Para anggota Dewas dilakukan swab tes karena terlacak pernah berkomunikasi dengan salah satu pegawai KPK yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejauh ini, sebanyak 115 orang yang berada di lingkungan KPK dinyatakan positif Covid-19). Ke-115 orang tersebut di antaranya pegawai KPK, BKO Polri, TNI Pomdam Jaya serta sejumlah tahanan.

Mereka dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR yang digelar KPK sejak Maret hingga September 2020. Tes swab massal itu diikuti 1.898 orang yang bersingungan atau bekerja di lingkungan KPK.

Dari jumlah 1.898 orang yang mengikuti tes swab, 115 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara sebanyak 33 orang saat ini dinyatakan sudah sembuh.

Editor : Djibril Muhammad