Kisah Qonita yang Berhasil Sabet Gelar Doktor di Usia 25 Tahun

puti aini yasmin ยท Selasa, 31 Mei 2022 - 12:11:00 WIB
Kisah Qonita yang Berhasil Sabet Gelar Doktor di Usia 25 Tahun
Qonita berhasil sabet gelar doktor di usia 25 tahun

JAKARTA, iNews.id - Seorang gadis bernama Qonita Kurnia Anjani berhasil meraih gelar doktor dari Queen's University Belfast di Irlandia Utara. Sekilas tidak ada yang menarik, namun gelar tersebut berhasil ia dapatkan di usia 25 tahun.

Qonita merupakan lulusan S1 Farmasi  dari Universitas Hasanuddin. Ia mengaku sudah lama tertarik dalam mengembangkan obat-obatan sejak duduk di semester satu perkuliahan.

Setelah itu, ia aktif mengikuti perlombaan yang berhubungan dengan bidang farmasi. Perjalanannya meraih gelar doktor ternyata berawal dari beasiswa S2 di Queen's University Belfast.

Dosen pembimbing di universitas tersebut kagum dengan potensi penelitian dari Qonita terkait microneedle atau jarum mikro yang menghantarkan obat tanpa rasa sakit dan berdarah. Ia pun langsung didorong melanjutkan penelitian tersebut di jenjang S3. 

Awalnya, Qonita merasa ragu untuk mengambil tawaran S3 tersebut karena terkendala biaya. Namun, akhirnya ia memberanikan diri dengan sisa waktu yang ada.

"Sempat menolak waktu itu, apalagi mengingat beasiswa yang saya terima hanya untuk masa dua tahun, sedangkan untuk studi Ph.D membutuhkan waktu normal minimal 3 tahun. Saya cukup dilematis, karena merasa tidak mampu termasuk untuk bertahan hidup di luar negeri, dengan tambahan satu tahun tanpa bantuan beasiswa," kata Qonita dikutip dari laman Unhas, Selasa (31/5/2022).

Dengan semua dukungan yang ia dapatkan, Qonita akhirnya berhasil menyelesaikan penelitian tersebut dalam waktu dua tahun tiga bulan. Ia pun mengaku bersyukur akan prestasi tersebut.

“Saat itu saya benar-benar mengerahkan segala kemampuan dan tenaga untuk mengejar tenggat waktu yang tersedia. Alhamdulillah, saya dapat selesai dalam waktu dua tahun tiga bulan,” ujar Qonita.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda