KKP dan BI Babel Dukung Produk Ecoprint yang Bakal Dipamerkan di Acara G20

Dimas Choirul ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 22:40:00 WIB
KKP dan BI Babel Dukung Produk Ecoprint yang Bakal Dipamerkan di Acara G20
KKP dan BI Babel Dukung Produk Ecoprint yang Bakal Dipamerkan di Acara G20 (foto: MPI)

BELITUNG, iNews.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan upaya peningkatan ekonomi dan keuangan inklusif di Desa Suak Gual, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Upaya dilakukan melalui program capacity building bagi pengrajin cetak kain ecoprint di Desa Suak Gual.

Analis Yunior BI Kepulauan Bangka Belitung Alvina Ulayya mengatakan, kegiatan itu juga sekaligus mendukung kesiapan produk ecoprint yang rencananya akan dipamerkan dalam kegiatan Presidensi G20.

"Peningkatan keuangan inklusif ini sejalan dengan agenda Presidensi G20 dan semangat Recover Together, Recover Stronger," kata Alvina kepada MNC Portal, Rabu (29/6/2022).

Alvina menjelaskan, dalam kegiatan itu pihaknya memberikan pemahamanan terkait layanan keuangan masyarakat, pembiayaan perbankan, pengelolaan ekonomi usaha, serta pencatatan keuangan usaha secara digital. Menurut Aliya, pencatatan keuangan penting dilakukan agar manajemen keuangan UMKM berjalan dengan baik.

"Kami berikan pemahaman mengenai pencatatan keuangan digital melalui SI-APIK (Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan)," ungkapnya.

Alvina mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan UMKM Subsistem untuk menciptakan pelaku usaha mikro baru yang berdaya, berkembang, menguntungkan, serta dapat memanfaatkan layanan keuangan formal sesuai kebutuhan.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda