Komisi Yudisial Akan Periksa Dugaan Pelanggaran Etik 2 Hakim Tersangka KPK

Arie Dwi Satrio ยท Sabtu, 24 September 2022 - 09:57:00 WIB
Komisi Yudisial Akan Periksa Dugaan Pelanggaran Etik 2 Hakim Tersangka KPK
Ilustrasi Gedung KPK. 2 hakim terjerat kasus dugaan korupsi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Yudisial (KY) bakal melakukan pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran etik dua hakim yang menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dua hakim itu yakni, Sudrajad Dimyati (SD) dan Hakim Yustisial sekaligus Panitera Pengganti MA, Elly Tri Pangestu (ETP) yang menjadi tersangka KPK.

Sudrajad Dimyati dan Elly Tri Pangestu merupakan tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Keduanya diduga turut menerima suap terkait pengurusan upaya kasasi di MA atas putusan pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

"KY punya kewenangan terhadap hakim dan kebetulan yang sudah ditetapkan dalam daftar tersangka itu ada dua orang hakim, satu hakim agung, satu hakim yustisial, kami akan lakukan pemeriksaan," kata Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Advokasi, Hukum, Penelitian, dan Pengembangan KY, Binziar Kadafi, Sabtu (24/9/2022).

Binziar menjelaskan, saat ini KY tinggal menentukan waktu yang tepat terkait pemeriksaan dugaan pelanggaran etik dua hakim tersebut. Terpenting, kata Binziar, KY akan berkoordinasi dengan KPK soal pemeriksaan Hakim Sudrajad dan Hakim Elly, agar tidak menggangu proses penegakan hukum.

"Cuma tinggal timingnya, apakah bersamaan dengan proses penegakan hukum yang terjadi di KPK. Kemudian, ruang seperti apa yang perlu kami jaga agar penegakan hukum di KPK itu bisa berjalan efektif. Itu yang kamu akan koordinasikan," kata Binziar.

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan 10 orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda