Kongres PAN Berpeluang Besar Digelar di Sulawesi Tenggara

Felldy Utama ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 21:48 WIB
Kongres PAN Berpeluang Besar Digelar di Sulawesi Tenggara

Ketua Steering Committee Rakernas PAN 2019 Saleh Partaonan Daulay (kiri) dan Ketua DPP PAN Yandri Susilo, Sabtu (7/12/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional menyepakati pelakanaan kongres partai digelar selambat-lambatnya Maret 2020. Kongres akan diisi sejumlah agenda termasuk penentuan ketua umum partai.

Ketua Steering Committee Rakernas PAN 2019 Saleh Partaonan Daulay mengatakan, penentuan kongres menjadi salah satu kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat tertutup pada rakernas. Kendati demikian, waktu persis pelaksanaan belum ditentukan.

"Tadi alhamdulilah kita sudah menyepakati dua hal. Pertama kongres PAN akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Maret 2020. Kedua, soal tempat," kata Saleh di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Dia menjelaskan, mengenai tanggal pelaksanaan belum dapat ditentukan karena menyangkut teknis akomodasi dan transportasi. Selain tanggal, yang belum ditentukan juga tempat berlangsungnya kongres.

Wasekjen PAN ini melanjutkan, mengenai tempat pelaksanaan, sembilan daerah berpeluang menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum tertinggi partai berlambang matahari ini.

Kesembilan daerah tersebut yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Papua.

"Jadi sembilan tempat ini lah nanti yang akan di bawa ke DPP PAN, untuk dilakukan verifikasi dan juga survei tempat itu," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, dalam menentukan tuan rumah pelaksanaan kongres ada sejumlah kriteria yang akan menjadi pertimbangan DPP. Sembilan provinsi tersebut akan dicek, salah satunya mana yang menjadi pemenang pemilu.

Selain itu, jumlah kader yang masuk dalam pemerintahan hingga ketersediaan hotel menjadi beberapa pertimbangan.

"Dari sembilan itu kalau saya mau membuat paling pas tentu Sulawesi Tenggara karena satu-satunya pemenang pemilu di seluruh Indonesia yang ketua DPRD-nya dari PAN. Nah apakah lainnya masih terbuka? (Tetap) terbuka," kata Yandri.


Editor : Zen Teguh