KPK Akui Datangi Kantor DPP PDIP, Ini Penjelasannya

Felldy Utama ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 13:35 WIB
KPK Akui Datangi Kantor DPP PDIP, Ini Penjelasannya

Konferensi Pers KPK RI. (Foto: iNews/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar tak membantah bahwa ada personelnya yang menyambangi Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/1/2020). Namun dia menolak tim KPK disebut berencana menggeledah salah satu ruangan pengurus DPP PDIP.

Lili menjelaskan keberadaan tim KPK di lokasi tersebut dalam rangka penyelidikan atas kasus dugaan suap terkait caleg PDIP yang menyeret Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Dia menepis kabar tindakan tim KPK untuk melakukan penyegelan.

"Sebetulnya begini, tim KPK tidak akan menggeledah jika suatu kasus masih dalam tahap penyelidikan. Nah sementara ini kan masih dalam penyelidikan," kata Lili, dalam jumpa persnya, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Selembar Kertas yang Wahyu Setiawan Titipkan untuk Ketua KPU: Saya Mohon Maaf

Lili juga menjelaskan bahwa keberadaan tim itu disertai dengan surat tugas untuk melaksanakan penyelidikan. "Sebetulnya tim penyelidik ini hanya ingin mengamankan lokasi, seperti model KPK Line. Dan sebetulnya, mereka juga dibekali surat tugas dalam penyelidikan dan kemudian itu lengkap surat tugasnya," ujarnya.

Lili menyampaikan bahwa tim yang dikirim ke kantor DPP PDIP itu sudah melakukan komunikasi dengan petugas keamanan di kantor tersebut. Dia mengakui apabila tim sempat tertahan lantaran petugas ingin menghubungi atasannya terlebih dahulu.

"Petugas keamanan kemudian mencoba menghubungi atasan mereka. Karena terlalu lama, maka teman-teman harus berbagi, harus menempatkan KPK Line di tempat objek yang lain sehingga itu ditinggalkan," tuturnya.

BACA JUGA: 'Siap, Mainkan!' Kode Anggota KPU Wahyu Setiawan dalam Kasus Suap PAW Caleg PDIP

Oleh karena itu, Lili menegaskan bahwa keberadaan tim KPK di kantor DPP PDIP bukan dalam rangka untuk menyegel salah satu ruangan pengurus partai berlambang moncong banteng itu. "Jadi bukan gagal atau tidak dapat melakukan penggeledahan," ucapnya.

Sebelumnya KPK dikabarkan akan melakukan penggeledahan terhadap ruang kerja Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP. Dua staf Hasti diduga ikut terlibat dalam kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) caleg dari PDIP yang menyeret Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan sebagai tersangka. Caleg PDIP yang diajukan untuk PAW, Harun Masiku juga ditetapkan sebagai tersangka dan knii masih buron.


Editor : Rizal Bomantama