KPK Minta Para Penerima Uang Korupsi Bupati Ricky Kembalikan ke Negara

Ariedwi Satrio ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 12:11:00 WIB
KPK Minta Para Penerima Uang Korupsi Bupati Ricky Kembalikan ke Negara
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri meminta para penerima uang korupsi kembalikan ke negara. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar para pihak yang pernah menerima aliran uang dugaan korupsi dari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP) untuk mengembalikannya ke negara. KPK sudah mengidentifikasi pihak-pihak yang diduga kecipratan uang korupsi Ricky Pagawak.

"Kami berharap para saksi dalam perkara ini yang terima aliran uang dari tersangka RHP agar kooperatif mengembalikan ke negara melalui KPK," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (1/8/2022).

Sejauh ini, baru Presenter TV Brigita Purnawati Manohara yang diketahui mengembalikan uang ke KPK. Brigita telah mentransfer uang sebanyak Rp480 juta yang diterima dari Ricky ke rekening penampungan KPK. KPK akan mengkaji pengembalian uang tersebut.

"Kami masih analisis dan kaji soal pengembalian uang dimaksud," terangnya.

"Kami juga hargai pengembalian uang oleh saksi dalam perkara korupsi, sekalipun tentu tidak bisa menghapus pidananya namun setidaknya itu bagian dari ketaatan pada proses hukum," tambahnya.

KPK berencana memanggil kembali para saksi yang diduga turut menerima aliran uang korupsi Ricky. KPK bakal mengonfirmasi soal aliran uang Ricky Pagawak. Diduga, tak sedikit pihak yang rendah menerima uang dari Ricky.

"Saat ini kami segera agendakan pemeriksaan saksi-saksi lainnya untuk memperjelas dan lebih terangnya perbuatan para tersangka dalam perkara ini," pungkasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda