KPK Periksa Bupati Kudus Tamzil dan 6 Orang Lainnya

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 27 Juli 2019 - 10:54 WIB
KPK Periksa Bupati Kudus Tamzil dan 6 Orang Lainnya

Bupati Kudus M Tamzil. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pagi tadi telah membawa tujuh orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kudus, Jawa Tengah, ke Kantor KPK di Jakarta. Dari tujuh orang yang diamankan tersebut, ada Bupati Kudus M Tamzil.

“Tujuh orang sudah dibawa ke Jakarta dari Semarang dan Kudus. Pagi ini, begitu mereka sampai di Kantor KPK, langsung dilakukan proses pemeriksaan secara intensif, sebagai lanjutan dari proses kemarin,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Febri mengungkapkan, ketujuh orang itu bakal diperiksa secara intensif oleh penyidik KPK untuk menentukan status hukum dari mereka dalam kasus ini. Ketujuh orang itu, kata Febri, terdiri atas unsur kepala daerah, staf khusus, dan pelaksana tugas kepala dinas (plt kadis) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus.

BACA JUGA:

7 Orang yang Terjaring OTT di Kudus Tiba di Kantor KPK, Termasuk Bupati Tamzil

KPK Sita Uang Rp200 Juta dari OTT Bupati Kudus, Diduga Terkait Jual-Beli Jabatan

OTT di Kudus berlangsung pada Jumat (26/7/2019) siang. KPK mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang sekitar Rp200 juta dalam pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. Uang itu diduga sebagai suap yang diberikan aparatur sipil negara (ASN) kepada Tamzil dalam pengisian jabatan di Pemkab Kudus.

Sore ini, KPK berencana mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan status hukum dari ketujuh orang tersebut.


Editor : Ahmad Islamy Jamil