Kronologi Penangkapan Djoko Tjandra, Dikepung Aparat PDRM sejak Siang

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 22:22 WIB
Kronologi Penangkapan Djoko Tjandra, Dikepung Aparat PDRM sejak Siang

Buron kasus korupsi cessie Bank Bali Djoko Sugiarto Tjandra. (Foto: ABC/Kinnibiz).

JAKARTA, iNews.id - Penangkapan buron kasus korupsi Djoko Tjandra melibatkan aparat Polis Diraja Malaysia (PDRM). Terpidana perkara cessie Bank Bali itu telah dikepung sejak Kamis (30/7/2020) siang.

Informasi yang diperoleh iNews.id, Mabes Polri telah berkoordinasi dengan PDRM sejak dua pekan lalu. Djoko diketahui tinggal di sebuah apartemen di Kuala Lumpur.

Dari koordinasi antara dua institusi kepolisian ini, aparat PDRM dan tim penyidik gabungan Bareskrim Polri bergerak. Dalam pengepungan itu, Djoko Tjandra akhirnya diringkus Kamis sore.

Mendapatkan informasi Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo terbang dari Indonesia menuju Kuala Lumpur. Listyo turut mengawal penerbangan Djoko ke Tanah Air, malam ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, informasi tentang penangkapan itu nanti akan dijelaskan oleh Kabareskrim. Direncanakan konferensi pers tersebut berlangsung di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Nanti sebentar lagi tiba, Bapak Kabareskrim yang akan menjelaskan,” kata Argo di Bandara Halim, Kamis malam.

Djoko kabur ke Malaysia setelah mengurus persidangan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pelariannya itu mendapatkan bantuan sejumlah oknum aparat penegak hukum.

Terkait kaburnya Djoko, Polda Kalbar dikabarkan menangkap dua orang yang diduga membantu. Seorang merupakan pengusaha, dan lainnya petugas pengamanan perbatasan. Namun informasi ini belum terkonfirmasi. Argo belum merespons terkait hal ini.

Editor : Zen Teguh