Kumpulan Khutbah Hari Raya Idul Fitri 2022 Penuh Makna sebagai Renungan

puti aini yasmin ยท Rabu, 27 April 2022 - 14:58:00 WIB
Kumpulan Khutbah Hari Raya Idul Fitri 2022 Penuh Makna sebagai Renungan
Kumpulan Khutbah Hari Raya Idul Fitri 2022

JAKARTA, iNews.id - Kumpulan khutbah hari raya Idul Fitri 2022 bisa dibaca sebagai renungan. Berikut contoh khutbah Idul Fitri pendek dan singkat.

Kapan khutbah Idul Fitri? Jawabannya adalah dibacakan sehabis salat Id. Disunnahkan bagi imam mengucap khutbah yang berisi puji-pujian kepada Allah, shalawat untuk Nabi serta tentang takwa kepada Allah SWT.

Kumpulan Khutbah Hari Raya Idul Fitri 2022

Khutbah Idul Fitri renungan dikutip dari buku 'Kumpulan Tema Khutbah Pilihan' terbitan Zahira Media Publisher berjudul 'Perkokoh Persaudaraan di Era Digital' adalah sebagai berikut

Ma'asyiral muslimin wal muslimat jamaah salat Idul Fitri rahimakumullah,

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang telah mendapatkan berbagai nikmat dan anugerah yang kita tidak bisa menghitungnya, marilah kita senantiasa memanjatkan rasa syukur kepada AllahS WT dengan mengucapkan "Alhamdulillahi rabbil Alamin."

Dengan ungkapan ini semoga kita akan senantiasa menjadi golongan orang-orang yang pandai bersyukur dan nikmat yang diberikan kepada kita akan senantiasa ditambah oleh Allah SWT.

Shalawat dan salam juga marilah kita sampaikan kepada manusia paling mulia yang pernah diutus oleh Allah ke muka bumi ini, yakni Nabi Muhammad SAW yang kita diperintahkan bershalawat kepadanya. Bukan hanya kita, Allah sendiri dan para malaikatnya pun bershalawat kepadanya. Begitulah mulianya Nabi Muhammad SAW, semoga kita termasuk golongannya yang akan mendapatkan syafaat di yaumil akhir nanti amin.

Ma'asyiral muslimin wal muslimat jamaa;ah salat Idul Fitri rahimakumullah,

Saat ini kita merasakan kebahagiaan yang tiada tara. Setelah melaksanakan perintah Allah SWT di bulan Ramadan berupa puasa 1 bulan penuh, sampailah kita pada hari yang fitri di mana kita bisa menunaikan salat Id bersama kaluarga tercinta.

Hari ini adalah hari kemenangan bagi setiap insan yang beriman karena telah melewati perjuangan menahan diri dari rasa haus dan dahaga, dan juga menahan diri dari hal-hal yang menjerumuskan diri ke lembah maksiat dan dosa.

InsyaAllah kita termasuk hamba-hamba yang beriman dan bertaqwa serta golongan orang yang diampuni dosanya. Hal ini sesuai dengan penegasan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya.

"Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan atas dasar keimanan dan dilaksanakan dengan benar, maka ia diampuni dosa-dosanya yang telah lewat."

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda