Kunai Senjata yang Digunakan Tusuk Wiranto Bisa Hancurkan Dinding

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 20:11 WIB
Kunai Senjata yang Digunakan Tusuk Wiranto Bisa Hancurkan Dinding

Senjata tajam kunai yang digunakan Syahril untuk menusuk Wiranto di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNew.id – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ditusuk menggunakan kunai, senjata mematikan yang biasa dipakai ninja. Pelaku diidentifikasi sebagai Syahril Alamsyah alias Abu Rara.

Wiranto ditusuk saat kunjungan ke Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019) pukul 11.55 WIB, tepatnya di depan Gerbang Lapangan Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Akibat insiden itu, Wiranto saat ini menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Pak Wiranto masih dalam penanganan tim dokter RSPAD untuk proses operasi. Pada kesempatan ini saya mohon doa restu seluruh masyarakat, seluruh rakyat Indonesia agar beliau segera diberikan kesembuhan," ujar Presiden Joko Widodo usai menjenguk di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Berdasarkan foto dan video yang beredar, Abu Rara menusuk bukan menggunakan gunting sebagaimana diduga sebelumnya, namun senjata tajam yang biasa digunakan ninja. Senjata itu dikenal dengan kunai.

Kunai merupakan senjata tajam yang biasa digunakan di Jepang oleh para ninja. Kapan persisnya muncul senjata ini tak begitu jelas. Namun Ninja Encyclopedia menyebut, dulunya kunai diduga berasal dari sekop batu.

Kunai merupakan senjata ninja paling populer setelah shuriken. Karena menjadi senjata lempar (seperti shuriken), terkadang kunai juga disebut kunai-shuriken.

Sekarang ini kunai terbuat dari besi atau baja dengan ujung seperti mata panah. Pangkal gagang kunai terdapat lubang yang digunakan sebagai tempat ikatan tali.

Kunai sejatinya tidak ditemukan di tempat lain selain di sekolah ninja. Dengan kata lain, kunai merupakan barang yang benar-benar asli untuk ninja.

Kegunaan

Selain sebagai alat pertarungan jarak dekat, kunai digunakan ninja sebagai alat yang digunakan untuk memecahkan pagar atau dinding kastil.

Ninja membuat lubang di dinding dengan kunai dan mereka memanjat dinding dengan meletakkan kaki mereka ke lubang. Pada kesempatan lain, ninja dapat menghancurkan dinding itu sendiri dengan kunai selama tidak terlalu tebal.

Ninja juga menggunakan kunai sebagai media untuk memanjat. Pertama, dia melemparkan kunai ke ketinggian agar menancap atau menyangkut, misalnya ke pohon. Setelah itu lewat tali yang terpasang di pisau itu dia akan mencapai ketinggian yang diinginkan.

Kunai juga digunakan untuk menggali tanah. Selain itu, pisau ini juga digunakan sebagai batu api. Pada masa lampau tidak ada korek sehingga api dihasilkan dari percikan batu atau logam.

Desain

Kunai secara konvensional dibuat dengan panjang mulai dari 20 cm hingga 30 cm. Biasanya ujung alat ini yang diasah karena sebagai alat potong atau congkel.


Editor : Zen Teguh