Layanan Penerbangan Terdampak Microsoft Down, Penumpang Diimbau ke Bandara Lebih Awal
JAKARTA, iNews.id - Layanan sejumlah maskapai penerbangan turut terdampak akibat gangguan perangkat lunak Microsoft yang digunakan secara global. Salah satu yang terdampak adalah maskapai AirAsia Indonesia.
AirAsia Indonesia membenarkan terjadi gangguan sistem layanan penerbangan. AirAsia meminta maaf kepada para calon penumpang.
“Indonesia AirAsia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah ditimbulkan," kata Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi, Sabtu (20/7/2024).
Meski begitu, AirAsia telah mengambil langkah antisipasi untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu caranya dengan melakukan pelayanan secara manual untuk calon penumpang yang akan terbang.
"Kami imbau kepada seluruh calon penumpang untuk dapat tiba di bandara keberangkatan lebih awal demi mengantisipasi antrean panjang pada saat check in,” katanya.
Selain AirAsia Indonesia, maskapai Citilink juga turut terimbas gangguan Microsoft. Layanan terdampak seperti sistem operasional reservasi, check in dan boarding. Oleh karena itu, Citilink juga menyarankan calon penumpang datang lebih awal ke bandara.
"Hi Citilinkers. Sementara layanan pada sistem operasional reservasi, check in, dan boarding mengalami gangguan, kami mengimbau Citilinkers untuk tiba di bandara lebih awal," tulis informasi yang diumumkan @citilink di Instagram.