Lili Pintauli: Penghentian Kasus Bukan Hal Baru di KPK, Dulu Senyap

Riezky Maulana ยท Senin, 24 Februari 2020 - 13:12 WIB
Lili Pintauli: Penghentian Kasus Bukan Hal Baru di KPK, Dulu Senyap

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) enggan mengungkapkan detail 36 penyelidikan kasus korupsi yang dihentikan. KPK menilai penghentian kasus bukan baru kali ini dilakukan.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan, pimpinan KPK periode sebelumnya juga menghentikan sejumlah kasus. Hanya saja, tidak ramai seperti saat ini.

"Bukan hal baru bagi KPK. Penghentian penyelidikan sejak zaman pimpinan terdahulu, hanya dulu itu senyap, nah sekarang kita pimpinan baru ikuti aturan UU," ujar Lili di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurutnya, penghentian kasus diketahui oleh Dewan Pengawas KPK. Bahkan, dia memastikan sikap Dewan Pengawas sama dengan pimpinan tidak akan mengungkapkan detail 36 kasus tersebut.

"Tetap diketahui oleh Dewan Pengawas, tetapi tidak untuk konsumsi publik. Dewan Pengawas selalu koordinasi dengan pimpinan. Dewan Pengawas juga tahu aturannya demikian," ucapnya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Nasir Djamil meminta kepada KPK agar transparan kepada publik untuk mengungkapkan detail 36 kasus yang dihentikan. Transparansi tersebut dinilai penting agar tidak menimbulkan kecurigaan publik di balik penghentian kasus itu.

"Jangan-jangan kasus terkait orang penting di negeri ini sehingga dihentikan oleh KPK. Intinya keterbukaan saja kepada publik," kata Nasir.


Editor : Kurnia Illahi