Loyalis Dorong Amien Rais Bentuk PAN Reformasi

Sindonews ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 11:49 WIB
Loyalis Dorong Amien Rais Bentuk PAN Reformasi

Sejumlah tokoh PAN bertemu Amien Rais di rumah pendiri partai itu, Putra Jaya Husin, Senin (10/3/2020) malam. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengeluarkan surat keputusan (SK) yang mengakui hasil Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu. Dengan begitu, kepengurusan DPP PAN 2020-2025 yang diketuai Zulkifli Hasan dianggap sah oleh pemerintah.

Sayangnya, kepengurusan baru yang dibentuk Zulkifli menuai reaksi keras dari para loyalis Amien Rais. Meski struktur kepengurusan DPP PAN 2020-2025 belum diumumkan, santer beredar kabar bahwa Zulkifli tidak lagi merangkul sang pendiri partai berlambang matahari itu.

Langkah Zulkifli yang tidak mengakomodasi Amien dalam kepengurusan PAN lima tahun ke depan itu pun berbuntut panjang. Muncul usulan agar didirikan partai baru bernama PAN Reformasi.

“Perlu kami sampaikan, kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW serta 1.300 tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh yang pernah terlibat di era Reformasi termasuk tokoh-tokoh Muhammadiyah agar Pak Amien daripada diperlakukan tidak baik oleh PAN, agar membentuk PAN Reformasi,” ungkap salah satu loyalis Amien, Muhammad Asri Anas, Rabu (11/3/2020).

Dia menuturkan, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Amien Rais dalam sebuah pertemuan di rumah salah seorang pendiri PAN, Putra Jaya Husin, tadi malam. “Semalam pun kami dengan beberapa DPW dan DPD serta tokoh-tokoh yang ikut mendirikan PAN menyampaikan ke Pak Amien. Tapi Pak Amien masih fokus di gugatan kongres,” ucapnya.

Anas menuturkan, pertemuan di rumah Putra Jaya Husin itu dihadiri oleh sekitar 20 tokoh. Mereka adalah yang pernah terlibat di PAN di daerah-daerah sejak reformasi bergulir dan banyak keluar dari PAN karena melihat partai itu semakin jauh dari semangat awal didirikan.

“Akan banyak meminta kembali jika Pak Amien meluruskan kembali khitah perjuangan PAN sebagai partai Reformasi,” ujarnya.

PAN Reformasi adalah partai baru yang diusulkan para loyalis Amien. Di samping itu, kata dia, Amien dan Mulfachri Harahap akan memasukkan gugatan terhadap proses Kongres PAN ke-V di Kendari 10-12 Februari 2020 lalu ke pengadilan pada pekan ini. “Menggugat proses kongres yang tidak benar, sudah jauh dari semangat awal berdirinya PAN,” katanya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil