Lulus SNMPTN 2020, Ini Langkah Selanjutnya

Okezone ยท Rabu, 08 April 2020 - 15:18:00 WIB
Lulus SNMPTN 2020, Ini Langkah Selanjutnya
Ilustrasi PTN Negeri, Universitas Hasanuddin Makassar. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis nama-nama siswa yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Bagi peserta yang dinyatakan lulus harus mencermati jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

Menurut Ketua LTMPT Profesor M Nasih, siswa yang lulus SNMPTN 2020 diimbau memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan masing-masing PTN.

"Ini berdampak pada kelulusan saudara. Kalau tidak bisa, dibatalkan dan tidak jadi diterima," ujarnya dalam telekonferensi hasil SNMPTN, Rabu (8/4/2020).

Dia memberikan contoh, jadwal verifikasi diri pada 1 April 2020. Dikarenakan tidak membaca jadwal sejak awal, tetapi si peserta baru buka informasi 15 April, alhasil terlambat dan tidak bisa daftar diri.

"Karena posisi gini belum tentu masuk. Lulus belum tentu masuk. Ada proses selanjutnya. Jika tidak cermat, kelulusan Anda akan batal," tegasnya.

Berikut ini panduan yang perlu dilakukan oleh siswa yang lulus SNMPTN 2010:

1. Peserta lulus SNMPTN 2020 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN (lihat pengumuman di situs masing-masing PTN tujuan). Kehadiran menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2020 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

2. Peserta SNMPTN 2020 yang dinyatakan lolos verifikasi, status peserta SNMPTN 2020 tersebut dapat ditetapkan lulus sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

3. Peserta SNMPTN 2020 harus memahami syarat registrasi (daftar ulang) dan ketentuan penerimaan lainnya yang bisa dilihat di situs PTN tujuan masing-masing.

4. Peserta lulus SNMPTN 2020 yang merupakan peserta KIP-Kuliah, selain dilakukan verifikasi atas data akademik, juga dilakukan verifikasi data ekonomi keluarga dan/atau dilakukan kunjungan langsung ke alamat tinggal orangtua peserta SNMPTN 2020 untuk menetapkan status penerimaan peserta SNMPTN 2020 tersebut sebagai mahasiswa baru oleh PTN tujuan.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq