Mahfud MD Minta Iwan Bule Mundur Lewat KLB PSSI

riana rizkia ยท Selasa, 01 November 2022 - 19:39:00 WIB
Mahfud MD Minta Iwan Bule Mundur Lewat KLB PSSI
Menko Polhukam Mahfud MD (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dinilai memiliki tanggung jawab moral atas tragedi Kanjuruhan, dan seharusnya mundur dari jabatan ketua umum. Hal tersebut diungkap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

Mahfud pun meminta agar Iwan Bule mengundurkan diri melalui muktamar atau kongres luar biasa (KLB) PSSI, sebagaimana rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan. 

"PSSI itu secara organisetaris, tidak boleh kita intervensi. Tapi secara yuridis dia bertanggung jawab. Satu tanggung jawab pidana karena telah menyebabkan kematian orang banyak. Tanggung jawab moral, mundur. Segera KLB," kata Mahfud, Selasa (1/11/2022). 

Tidak hanya ketua umum, namun Mahfud juga meminta agar kepengurusan PSSI dapat diganti, dan disusun ulang. 

"Ganti pengurusnya, susun lagi," ucapnya. 

Berdasarkan pernyataan Iwan Bule, kata Mahfud, PSSI bakal melakukan KLB paling lama enam bulan ke depan. 

"Kemarin Iwan Bule sudah umumkan dalam waktu paling lama enam bulan akan melakukan KLB. Itu kan rekomendasi TGIPF," katanya. 

"Kita bilang ya 'anda ga boleh kita pecat, karena anda orangnya FIFA. Tapi kalau anda punya tanggung jawab moral ke rakyat Indonesia, mundur.'," ujarnya. 

Seperti diketahui, TGIPF tragedi Kanjuruhan meminta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule beserta seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri dari jabatannya. 

Hal tersebut terlihat dari rekomendasi dalam laporan TGIPF Tragedi Kanjuruhan yang telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (14/10/2022) lalu. Untuk diketahui, laporan tersebut diunggah melalui website polkam.go.id.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda