Mahfud Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Papua, Faktanya KKB yang Bunuh Warga

muhammad farhan ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 06:17:00 WIB
Mahfud Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Papua, Faktanya KKB yang Bunuh Warga
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tak ada pelanggaran HAM di Papua. (Foto MNC Portal).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjawab tudingan opini yang menyatakan bahwa banyaknya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh aparat di Papua. Menurut Mahfud, opini yang menyampaikan hal tersebut adalah hoaks. 

Menurut Mahfud, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang membantai warga sipil di Papua. 

"Terkait Papua, memang ada bias opini yang sering dikembangkan oleh kelompok-kelompok tertentu. Misalnya, opini bahwa di Papua terjadi pelanggaran HAM oleh aparat sampai-sampai disoroti oleh dunia internasional. Itu adalah hoaks, karena faktanya KKB yang membunuh warga masyarakat atau warga sipil dengan keji," tulis Mahfud dalam unggahan narasinya di akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd, Kamis (21/7/2022). 

Mahfud juga mengungkapkan saat ini pemerintah tetap memberlakukan pendekatan keamanan dalam tertib sipil guna menanggapi kasus pembantaian warga sipil oleh KKB Papua

"Ada yang bertanya kepada saya, apakah peristiwa pembantaian 12 orang sipil (10 meninggal dunia) oleh KKB di Papua tidak mendorong Pemerintah melakukan tindakan khusus? Saya jawab, sampai sekarang kita tetap menggunakan pendekatan keamanan dalam tertib sipil," ujar Mahfud. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda