Masjid di Indonesia Belum Bisa Tiru Kebijakan Arab Saudi Rapatkan Shaf Shalat

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 19 Oktober 2021 - 04:15:00 WIB
Masjid di Indonesia Belum Bisa Tiru Kebijakan Arab Saudi Rapatkan Shaf Shalat
Jemaah umrah di Masjidil Haram Mekkah. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Masjid di Indonesia belum bisa meniru kebijakan Arab Saudi yang melonggarkan protokol kesehatan (prokes) dengan merapatkan shaf shalat. Sebab capaian vaksinasinya masih rendah.

Wakil Ketua Bidang Kerja Sama dan Advokasi Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pusat, dr Corona Rintawan mengatakan, memang banyak yang meminta agar masjid di Indonesia meniru kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

"Memang penghilangan jarak shalat ini informasi menggembirakan. Tapi tidak bisa ditiru atau diterapkan di masjid-masjid di Indonesia," kata dr Corona melansir laman resmi Muhammadiyah, Senin (18/10/2021).

Dokter spesialis kedaruratan medis ini mengatakan, cakupan vaksin di Indonesia masih berbeda dengan di Arab Saudi. Belum lagi protokol kesehatan yang ketat bagi orang yang ingin masuk ke negaranya.

Sementara di Indonesia per 17 Oktober 2021, total vaksinasi dosis 1 baru sekitar 51,67 persen, dan dosis 2 hanya 30,17 persen. Sedangkan cakupan vaksin di Arab Saudi yang sudah lebih dari 70 persen.

"Jadi harus melihat datanya. Cangkupan vaksinasi di Indonesia dan Arab Saudi berbeda jauh," ujarnya.

Dia juga mewanti-wanti masyarakat tidak lengah saat kasus Covid-19 mulai melandai. Sebab dikhawatirkan akan terjadi gelombang ketiga Covid-19 pada akhir tahun ini. 

"Masih ada bulan-bulan di akhir tahun ini yang perlu kita waspadai karena meningkatnya mobilitas dan aktivitas masyarakat," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: