Mayjen Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad, Pengamat: Regenerasi TNI AD Mulai Bergerak

Riezky Maulana ยท Minggu, 23 Januari 2022 - 03:21:00 WIB
Mayjen Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad, Pengamat: Regenerasi TNI AD Mulai Bergerak
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk menjabat Pangkostrad (Foto: iNews/Pande Wismaya)

JAKARTA, iNews.id  - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa resmi menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad. Sebelumnya jabatan Pangkostrad kosong selama dua bulan. 

Penunjukan Pangkostrad baru tertuang dalam SK Jabatan Nomor 66/I/2022 nggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. 

Terkait hal itu, Pengamat militer Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai roda regenerasi yang ada di tubuh TNI AD mulai berjalan. Sebab, lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1990-1992 mulai berpangkat bintang 3 atau Letjen. 

"Roda regenerasi terutama di tubuh TNI AD sudah mulai bergerak. Ini ditandai dengan adanya lulusan Akmil 1990 sampai 1992 sudah mulai menjabat pos bintang 3," ujar Anton dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022). 

Penunjukkan Maruli juga menjadi jawaban kekhawatiran banyak pihak yang menyebut adanya ketersendatan regenerasi. Sebab, ada banyak perwira yang tidaklah memiliki jabatan. 

Diketahui, Maruli merupakan abituren Akmil 1992. Sedangkan, dua nama lain di tubuh TNI AD yang mendapat promosi bintang 3 ada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, menjadi Pangkogabwilhan III (Akmil 1990) dan Mayjen TNI Agus Subiyanto (Akmil 1991) sebagai Wakil KSAD

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: