Megawati: Rakyat di Sumbar Sepertinya Belum Suka PDI Perjuangan

Riezky Maulana · Rabu, 02 September 2020 - 16:57:00 WIB
Megawati: Rakyat di Sumbar Sepertinya Belum Suka PDI Perjuangan
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (Riezky Maulana/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar Desember 2020. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus melakukan konsolidasi dengan kadernya.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri heran mengapa partai yang diketuainya hanya mendaparkan sedikit suara di daerah Sumatera Barat (Sumbar). Atas hal itu, dia pun meminta para kadernya agar bisa bekerja lebih keras dan menjaga solidaritas demi mengdongkrak suara di daerah tersebut.

"Bagaimana soliditas partai kita di daerah-daerah yang sedang akan melaksanakan pilkada tersebut. Seperti Sumbar itu saya pikir kenapa? Rakyat di Sumbar sepertinya belum menyukai PDI Perjuangan," katanya saat memberikan arahan kepada Calon Kepala Daerah dari partainya secara virtual, Rabu (2/9/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebenarnya sudah ada beberapa permintaan kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) agar mengusung calon gubernur sendiri. Namun, dia mengaku sangat sulit untuk menemukan nama calon yang hendak diusung untuk daerah Sumbar.

"Meskpun sudah ada beberaoa daerah yang meminta, katakan DPC-nya sudah ada DPD-nya juga. Tapi kalau untuk mencari pemimpin di daerah tersebut, saya mengapa kok masih agak sulit ya," ujarnya.

Bahkan, dia pun menyebut nama Wakil Presisen pertama Indonesia, yakni Mohammad Hatta yang berasal dari Sumbar. Berdasarkan catatan sejarah, sebut Mega, banyak masyarakat Sumbar yang menjadi nasionalis seperti azas yang dimiliki partainya.

"Padahal kalau kita lihat sejarah bangsa banyak sekali lho orang dari kalangan Sumbar itu yang menjadi nasionalis. Yang pada waktu bekerjasama dengan Bung Karno, ada Bung Hatta. Bung Hatta itu kan sebenarnya datang dari yang namanya Sumbar," ujarnya.

Oleh karenanya, dia meminta para kadernya untuk mempelajari mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi. Dia menegaskan perlu kerja keras untuk merebut hati rakyat Sumbar.

"Hal-hal seperti ini adalah tugas kita untuk mempelajari, mengapa ada daerah-daerah yang artinya belum bisa atau belum mau mempercayai alat perjuangan partai politik yang namanya PDI Perjuangan. Itu lah salah satu bagian darj kerja keras kita, kerja besar kita," katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq