Melihat 8 Senjata Andalan Kopassus, Nomor 6 Mampu Tembak Target Berjarak 2 Km

Zahra Siti Arkandina ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:09:00 WIB
Melihat 8 Senjata Andalan Kopassus, Nomor 6 Mampu Tembak Target Berjarak 2 Km
Satuan elite TNI AD yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memiliki sejumlah senjata andalan dalam menjalankan misi operasi perang militer (OPM). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Satuan elite TNI AD yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memiliki sejumlah senjata andalan dalam menjalankan misi operasi perang militer (OPM). Mulai dari senapan mesin ringan (SMR) hingga sekelas sniper digunakan Kopassus untuk menjalankan misi di dalam maupun luar negeri.

Bukan hanya buatan luar negeri, senjata-senjata produksi industri pertahanan lokal yakni Pindad juga memperkuat personel Korps Baret Merah. Kualitasnya bahkan tak kalah dengan produk impor.

Ini delapan senjata andalan prajurit Kopassus:

1. MP-2 

MP-2 atau IMI Uzi merupakan SMR berlaras pendek yang terlihat seperti pistol. Keunggulan senjata yang dikembangkan pada 1949 ini memiliki kestabilan sehingga memungkinkan pengguna melepaskan tembakan secara akurat untuk jarak pendek, bahkan saat diletuskan menggunakan salvo panjang.

MP-2 mampu menembakkan 60 butir peluru per menit, bahkan bisa mencapai 100 hingga 120 peluru tergantung jenisnya. Senjata ini pernah digunakan Kopassus dalam misi pembebasan sandera di Woyla, Thailand pada 1981 karena keakuratannya dalam pertempuran jarak pendek.

2. Bren 

Bren merupakan SMR buatan Inggris. Senjata ini menjadi salah satu andalan Kopassus di awal masa pembentukannya pada 1953 untuk mendukung operasi.

Senjata ini pertama kali dibawa oleh pasukan Inggris saat datang ke Indonesia pascakekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Bren digunakan oleh Kopassus hingga 1991. 

3. MP5 

Senjata buatan Jerman ini juga menjadi salah satu andalan Kopassus untuk pertempuran jarak dekat. Senapan yang telah diproduksi sejak 1960 ini dibuat dalam beberapa varian dan dipakai militer sekitar 50 negara, termasuk Indonesia. 

MP5 atau Heckler & Koch Maschinenpistole memiliki akurasi dan keandalan tinggi di samping perawatannya mudah. Senapan mesin yang berbentuk seperti pistol ini didesain untuk kepentingan pasukan khusus dengan kemampuan menembak 800 peluru per menit.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda