Menantu Mantan Dirut BTN Maryono Penuhi Panggilan Kejaksaan Agung

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 17:25 WIB
Menantu Mantan Dirut BTN Maryono Penuhi Panggilan Kejaksaan Agung

mantan Direktur Utama (Dirut) PT Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menantu mantan Direktur Utama (Dirut) PT Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono, Widi Kusuma Purwanto akhirnya memenuhi panggilan jaksa penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung). Pemanggilan tersebut terkait kasus suap dan gratifikasi direksi BTN dengan tersangka Maryono.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengatakan, penyidik juga memeriksa Komisaris Utama PT Titanium Properti, Ichsan Hasan. "Dua orang tersebut diperiksa sebagai saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi pemberian gratifkasi kepada direksi PT Bank Tabungan Negara (BTN)," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Widi dan Ichsan diperiksa untuk mengungkap secara terang fakta hukum kasus dugaan gratifikasi yang dilakukan Maryono. Pemeriksaan juga untuk membuka terang mengenai teknis dan cara serta maksud dan tujuan pemberian uang tersebut.

"Pemeriksaan saksi itu sendiri dilakukan guna mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 1 angka 2 KUHAP," tuturnya.

Maryono diduga menggunakan rekening Widi untuk menampung uang hasil gratifikasi. Penyidik Kejagung juga telah mengajukan pencegahan ke luar negeri terhadap Widi selama tiga bulan.

Editor : Djibril Muhammad

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua