Mendikbud Tegaskan Pembukaan Sekolah Tatap Muka Harus Keputusan Bersama

Djibril Muhammad ยท Jumat, 27 November 2020 - 19:28:00 WIB
Mendikbud Tegaskan Pembukaan Sekolah Tatap Muka Harus Keputusan Bersama
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. SKB ini ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri yang diumumkan pada Jumat 20 November 2020 di Jakarta.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan, keputusan untuk membuka sekolah tatap muka harus mendapatkan keputusan bersama dari pemerintah daerah, kepala sekolah dan komite sekolah. Dalam hal ini komite sekolah merupakan perwakilan orang tua dalam sekolah.

"Jadi kuncinya ada di orang tua. Kalau komite sekolah tidak membolehkan sekolah buka, sekolah itu tidak diperkenankan untuk buka," ujar Ndiem menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers perkembangan pemulihan ekonomi nasional di Kantor Presiden, Rabu (25/11/2020) yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati demikian, pemerintah daerah memiliki hak untuk membuka sekolah mana yang diizinkan untuk dibuka kembali. Alasan untuk dibukanya kembali sekolah tatap muka, menurut Nadiem karena permintaan dari pemerintah daerah tersebut.

Pemda yang terdiri atas kecamatan hingga desa bisa menilai sendiri mana daerah yang aman. Terlebih bagi sebagian masyarakat sangat sulit untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Lalu dari sisi orang tua, tidak perlu khawatir ketika sekolah tatap muka dibuka kembali.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2