Mengenal Protagonis, Tokoh Baik dalam Cerita dan Contohnya

Antik Dalu Shinta ยท Senin, 16 Mei 2022 - 15:14:00 WIB
Mengenal Protagonis, Tokoh Baik dalam Cerita dan Contohnya
Ilustrasi belajar protagonis adalah tokoh baik

JAKARTA, iNews.id - Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki sifat baik. Materi ini sering muncul dalam pelajaran Bahasa Indonesia, untuk memahaminya kamu bisa simak artikel berikut.

Mengutip buku ‘Tema 8 SD Kelas 4 Kemendikbud’ protagonis adalah lawan dari tokoh antagonis. Tokoh protagonis dan antagonis dapat ditentukan dengan memperhatikan hubungan antar tokoh dalam cerita. Tokoh protagonis akan selalu ada di awal, tengah, hingga akhir cerita. Peristiwa-peristiwa dalam cerita berfokus pada tokoh protagonis. 

Apa Itu Tokoh Protagonis?

Tokoh protagonis adalah tokoh yang wataknya disukai pembacanya. Biasanya, sifat tokoh protagonis adalah sifat yang baik dan positif. Contoh tokoh protagonis adalah memiliki sifat dermawan, jujur, rendah hati, pembela, cerdik, pandai, mandiri dan setia kawan. 

Menurut KBBI, protagonis adalah tokoh utama dalam cerita rekaan. Biasanya tokoh protagonis digambarkan memiliki karakter dan kepribadian yang baik. 

Apa Saja Jenis Watak dalam Cerita Selain Protagonis?

Watak adalah sifat pembawaan manusia, misalnya pemarah, pemalu, pendendam, sabar, baik hati, alim dan sebagainya. Watak dalam naskah lakon adalah unsur penting dalam penokohan.

Watak tokoh berpengaruh membentuk alur cerita. Watak seorang tokoh dipengaruhi antara lain oleh keadaan di masyarakat, keadaan fisik dan keadaan kejiwaan.

Penulis menciptakan naskah lakon bersumber pada kehidupan manusia. Ia akan mengangkat watak-watak yang dimiliki manusia, lalu ditulisnya ke dalam berbagai watak. Watak tokoh-tokoh dalam kehidupan sehari-hari ditulisnya ke dalam naskah. Kemudian naskah tersebut dipentaskan.

  • Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh jahat. Tokoh ini adalah tokoh yang menentang cerita. Di dalam dongeng Timun Mas, tokoh ini diwakili oleh raksasa. Dalam naskah lakon, terdapat satu atau dua tokoh protagonis utama, kemudian dibantu tokoh antagonis pendukung.

  • Tokoh Tritagonis

Tritagonis adalah tokoh pembantu baik untuk protagonis maupun antagonis. 

Bagaimana Pengenalan Tokoh dan Penokohan?

  • Teknik analitik

Pengenalan tokoh langsung oleh penulis yang berperan sebagai narrator. Teknik yang biasa dihindari dalam karya sastra serius namun justru selalu digunakan oleh sastra populer.

  • Teknik dramatik

Teknik yang mengenalkan tokoh secara tidak langsung melalui pemikiran tokohnya, lingkungan, peristiwa atau bagaimana hubungan dan interaksi tokoh ini dengan tokoh lain di dalam cerita.

Teknik ini adalah teknik yang biasa digunakan oleh sastra serius untuk menanamkan karakter secara tidak langsung dan membuat pembaca dapat menilai karakter atau watak tokoh berdasarkan interpretasinya sendiri. 

Jadi, protagonis adalah tokoh yang memiliki sifat baik. Semoga membantu belajarmu!

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda